Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

150 Atlet Jelajahi Sabang pada “Aceh International Orienteering”

Arif Ramdan Editor : Rudi Hendrik - Sabtu, 7 September 2024 - 15:52 WIB

Sabtu, 7 September 2024 - 15:52 WIB

11 Views

Aceh Internasional Orienteering8

Sabang, MINA – Sebanyak 150 atlet dari tiga benua mengikuti Aceh International Orienteering (AIO) yang dilaksanakan di Sabang pada 6-8 September 2024. Selain Indonesia, para atlet juga ada yang berasal dari Malaysia, Amerika, Thailand, Philippines, Gambia, Libya dan India.

Aceh International Orienteering adalah bagian dari serangkaian acara spektakuler dalam Aceh Festival 2024, yang dirancang untuk memeriahkan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Kegiatan yang diselanggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, berkolaborasi dengan Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Aceh ini, secara resmi dibuka oleh Pj Wali Kota Sabang Andri Nourman, di Sabang Fair, Jumat (6/9) kemarin.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Sabang mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada bapak Gubernur Aceh dalam hal ini melalui Disparbud Aceh, yang telah menjadikan Sabang sebagai tuan rumah lokasi pelaksanaan Aceh Internasional Orienteering pada tahun ini.

Baca Juga: Fenomena Pemain Naturalisasi, Apa Untung dan Ruginya?

“Walaupun orienteering olahraga baru, tapi di kalangan TNI ini sudah lama, mirip dengan jelajah Medan. Karena AIO sifatnya menjelajah alam, harapan kita teman-teman yang mengikuti kegiatan ini, dapat menikmati keindahan alam Sabang yang mungkin selama ini hanya dilihat dan didengar melalui media sosial saja,” kata Andri Nourman.

Menurutnya, dengan menjelajah alam secara langsung, melewati desa satu dengan lainnya, atau bahkan mengitari perbukitan dengan konsep yang telah diatur sedemikian rupa oleh panitia, keindahan alam Sabang dapat tereksplorasi secara luas dan masif.

“Semoga kegiatan ini dapat mempromosikan Sabang lebih luas lagi, serta memberikan dampak positif terhadap perekonomian dan pariwisata Kota Sabang. Nikmatilah keindahan Sabang, rasakan kehangatan masyarakatnya, dan bawa pulang kenangan indah dari acara ini,” harapnya.

Sementara Ketua Federasi Orientering Nasional Indonesia (FONI), Abdul Mukti menyebutkan AIO adalah event olahraga Orienteering perdana yang digelar di Aceh. Sabang dijadikan sebagai lokasi kegiatan, karena Pulau Weh merupakan ikon Wisata Bahari untuk Provinsi Aceh.

Baca Juga: Timnas Indonesia Siap Lakoni Laga Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia

“Juga karena Sabang ini Nol Kilometernya Indonesia dan ini merupakan titik pertama kita bergerak di event orienteering di Aceh , kita bergerak dari Nol kemudian kita berlanjut ke kota-kota lainnya,” ujarnya.

Abdul Mukti menjelaskan, Orienteering adalah salah satu olahraga yang mengkombinasikan antara kemampuan fisik dan dan keterampilan navigasi pada medan yang diperlombakan. Keunikan orienteering yang menjadi ciri khas olahraga ini adalah mencari dan menemukan rute terbaik dalam melintasi suatu medan atau daerah yang tak dikenali dengan waktu secepat mungkin.

Akan ada 12 kelas yang diikuti oleh 150 peserta AIO, baik pria maupun wanita. Mereka berasal dari Atlet Orientering lokal Aceh yang merupakan perwakilan Pengcab FONI Kabupaten/Kota di Aceh, kelompok atau club lari, kelompok pecinta alam dan kalangan umum.

Kemudian, atlet nasional juga berasal dari perwakilan FONI Provinsi dan club pelari nasional. Untuk atlet Internasional, mereka kebanyakan adalah Orinteers (sebutan pelari orientering), berasal dari club profesional dari sejumlah negara, yang ada di tiga benua, yaitu Amerika, Afrika dan Asia.

Baca Juga: Atlet Muslim Perkuat Barongsai Aceh, Sabet 7 Medali di PON XXI

Selama dua hari para atlet akan mengikuti 2 jenis perlombaan, yaitu middle class dan sprint class. Ke dua jenis perlombaan tersebut akan mengambil rute yang berbeda, dan pastinya akan melewati sejumlah objek wisata yang ada di Kota Sabang.

“Target kita ke depan selalu ada event di seluruh kab/kota di Provinsi Aceh terkait orienteering. Kita targetkan setiap bulan ada kegiatan orienteering sehingga kita bisa memunculkan kuliner, budaya dan pariwisata di setiap kabupaten kota di Aceh,”

“Target kita ke depan selalu ada event di seluruh kab/kota di Provinsi Aceh terkait orienteering. Kita targetkan setiap bulan ada kegiatan orienteering sehingga kita bisa memunculkan kuliner, budaya dan pariwisata di setiap kabupaten kota di Aceh,”

tutupnya. []

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Timnas Indonesia Lawan Australia Imbang 0-0

Mi’raj News Agency (MINA) 

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia