21 Negara Siap Ikut Test Event “Road to Asian Games 2018”

(Foto: INASGOC)

Jakarta, MINA – Pelaksana (INASGOC) mencatat kejuaraan uji coba (test event) “Road to 2018” pada 10-24 Februari mendatang akan diikuti 21 negara peserta dari 32 negara yang diundang Indonesia.

Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, fihaknya masih menunggu penambahan peserta hingga Rabu (17/1) depan, terutama untuk cabang olahraga bola basket, bola voli, dan sepakbola yang belum memenuhi jumlah minimal empat negara peserta.

“Kejuaraan uji coba pada Februari nanti menjadi ajang kolaborasi semua bidang INASGOC untuk menggelar pertandingan dan perlombaan, baik dari bidang registrasi peserta, bidang transportasi, akomodasi, jasaboga (catering), penyiaran, dan sistem teknologi informasi, termasuk para sukarelawan,” kata Erick usai Rapat Koordinasi Dewan Olimpiade Asia (OCA Coorcom) ke-8 di Jakarta, Ahad (14/1).

Sembilan cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada “Road to Asian Games 2018” yakni panahan, atletik, bola basket, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo, bola voli, dan angkat besi. Event ini bakal melibatkan sekitar 1.991 atlet dari beberapa negara  Asia.

Namun demikian Erick menjelaskan kemungkinan adanya penghapusan nomor pertandingan dan cabor dalam ajang ujicoba nanti jika konfirmasi kehadiran peserta dalam pertandingan tersebut kurang dari empat negara hingga Rabu nanti.

“Jika ada pertandingan olahraga yang diikuti kurang dari empat negara peserta, pertandingan itu akan dihapuskan dan tidak dapat diganti pertandingan dari cabang lain,” ujarnya.

Rapat OCA Coorcom VIII itu dihadiri para tokoh sentral OCA yang berkepentingan atas pelaksanaan Asian Games 2018.

Mulai dari Vice President (honorary life) OCA Wei Jizhong, Vice President OCA Rita Subowo, Ketua OCA Coordination Committee Tsunekatzu Takeda, Direktur Asian Games Department Haider Farman, Direktur International & NOC Relations Vinod Tiwari, dan Manajer Protocol Department Mohammad Abdulhadi.

Asian Games XVIII/2018 akan berlangsung 18 Agustus – 2 September 2018, mempertandingkan 40 cabang olahraga, 67 disiplin, dan 462 nomor pertandingan. Jumlah atlet yang akan bertanding sendiri diperkirakan mencapai kurang lebih 10.000 peserta.

Asian Games pertama kali digelar di New Delhi, India, pada 1951 dan pertama kali di Indonesia adalah  Asian Games IV pada 1962. (L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)