50 Tahun OKI Diperingati

Ankara, MINA – Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menghadiri upacara peringatan ulang tahun ke-50 Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada Senin (25/11), di Jeddah Arab Saudi.

OKI adalah organisasi antar pemerintah terbesar kedua setelah PBB dengan keanggotaan 57 negara. Organisasi ini menghimpun suara kolektif dunia Muslim, dan berusaha untuk melindungi kepentingan dunia Muslim dalam semangat mempromosikan perdamaian dan harmoni dunia internasional.

OKI didirikan dengan keputusan KTT bersejarah yang berlangsung di Rabat, Kerajaan Maroko pada Rajab ke-13, 1389 Hijrah (25 September 1969) setelah pembakaran Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang diduduki.

Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan, Ankara dan Riyadh mengajukan proposal bersama untuk mengadakan upacara pada 25 November 2019, menandai pembentukannya sesuai dengan resolusi yang diadopsi pada pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri OKI ke-46, demikian Anadolu Agency melaporkan.

Baca Juga:  Mahasiswa Meksiko Bangun Tenda dan Kibarkan Bendera Palestina di Universitas

Ia menambahkan, Cavusoglu menyampaikan pidato atas nama Kelompok Asia OKI dan mengadakan pertemuan bilateral dengan rekan-rekannya dari anggota OKI lainnya.  (T/HD/Ais/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.