575 Anggota Dewan Baru Dilantik

Jakarta, MINA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menggelar sidang paripurna bersama terakhir untuk masa jabatan 2014-2019, sekaligus melantik 575 anggota dewan yang terpilih dalam Pemilu 2019.

Acara pelantikan dimulai pukul 09.15 sampai 11.40 di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar dalam keterangannya kepada media mengatakan, untuk mengantisipasi adanya demo mahasiswa hari ini, anggota DPR RI terpilih yang akan menjalani pelantikan, diminta sudah hadir pukul 07.00 WIB. Sarapan pagi dan persiapan lainnya tetap sesuai jadwal.

Rangkaian acara pelantikan dimulai pukul 09.15, anggota DPR dan DPD terpilih diikuti Komisioner KPU, Sesjen DPR, MPR dan DPD memasuki ruangan. Selanjutnya, diumumkan Pemimpin Sementara DPR, DPD dan MPR RI oleh Sekretaris Jenderal DPR, MPR dan DPD. Setelah itu, Presiden, Wakil Presiden, Ketua KPU RI memasuki ruangan rapat paripurna.

Sidang Paripurna dimulai tepat pukul 10.00 dengan pengucapan sumpah/janji anggota DPR RI. Setelah itu, rapat paripurna dibuka oleh Pimpinan Sementara DPR. Selanjutnya, pembacaan Keputusan Presiden tentang Peresmian Keanggotaan DPR oleh Sesjen DPR RI.

Setelah itu, digelar pengucapan sumpah/janji anggota DPR RI dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung. Selesai mengucap sumpah, anggota DPR RI terpilih menandatangani berita acara sumpah/janji anggota DPR RI. Lalu serah terima berita acara.

Pukul 10.33, Sidang Paripurna DPR ditutup Pimpinan Sementara DPR. Setelah itu, dilanjutkan sidang paripurna pelantikan anggota DPD dan MPR berturut-turut dengan rentetan acara yang sama. Acara pelantikan anggota MPR/DPR dan DPD ini dijadwalkan selesai pukul 11.40 WIB. (L/R06/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)