7 Pengusaha Muslim Sukses dan Berpengaruh di Dunia

Mo Ibrahim, pengusaha asal Sudan yang terkenal usahanya di bidang telekomunikasi (Foto: Peacetalk)

Pengusaha Muslim telah memainkan peran penting dalam mengubah lanskap bisnis global dengan mencapai kesuksesan luar biasa di berbagai sektor.

Berikut adalah tujuh pengusaha Muslim yang tidak hanya sukses secara finansial, tetapi juga berpengaruh dalam membentuk dunia bisnis modern:

1. Mo Ibrahim

Mo Ibrahim adalah pengusaha Sudan yang terkenal karena pendiriannya dalam industri telekomunikasi. Dia adalah pendiri Celtel, perusahaan telekomunikasi seluler terkemuka di Afrika.

Setelah menjual Celtel pada tahun 2005, Ibrahim mendirikan Mo Ibrahim Foundation yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi dan sosial di Afrika, serta memberikan penghargaan Mo Ibrahim Prize for Achievement in African Leadership kepada pemimpin yang berkinerja baik di benua tersebut.

 

2. Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum adalah pemimpin Dubai yang juga dikenal sebagai seorang pengusaha sukses.

Baca Juga:  Karakter Pengusaha Muslim

Dia adalah pemilik Dubai Holdings, sebuah perusahaan investasi multisektor yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi Dubai.

Selain itu, Sheikh Mohammed terlibat dalam berbagai proyek pembangunan megah di Dubai, seperti Burj Khalifa dan Palm Jumeirah.

 

3. Aliko Dangote

Aliko Dangote adalah pengusaha Nigeria yang merupakan orang terkaya di Afrika. Dia adalah pendiri dan chairman Dangote Group, sebuah konglomerat bisnis yang bergerak dalam berbagai sektor, termasuk semen, gula, tepung, dan minyak.

Dangote dikenal karena kontribusinya dalam memajukan ekonomi Nigeria dan Afrika melalui investasi besar-besaran dan program filantropi.

 

4. Rahman Khan

Rahman Khan adalah pengusaha Bangladesh yang mendirikan Grameen Bank, sebuah lembaga keuangan mikro terkemuka yang memberikan pinjaman kepada orang-orang miskin di pedesaan Bangladesh.

Baca Juga:  Karakter Pengusaha Muslim

Grameen Bank telah membantu jutaan orang keluar dari kemiskinan dan menjadi model bagi lembaga keuangan mikro di seluruh dunia.

 

5. Folorunso Alakija

Folorunso Alakija adalah pengusaha Nigeria yang terkenal karena menjadi salah satu wanita terkaya di Afrika.

Dia adalah pendiri Famfa Oil Limited, perusahaan minyak dan gas yang sukses di Nigeria.

Selain itu, Alakija aktif dalam berbagai kegiatan filantropi yang mendukung pendidikan dan kesejahteraan perempuan dan anak-anak di Nigeria.

 

6. Naguib Sawiris

Naguib Sawiris adalah pengusaha Mesir yang terkenal dalam industri telekomunikasi dan media.

Dia adalah pendiri Orascom Telecom Media and Technology Holding, sebuah perusahaan yang beroperasi di Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

Baca Juga:  Karakter Pengusaha Muslim

Sawiris juga aktif dalam berbagai inisiatif filantropi yang mendukung pembangunan ekonomi dan sosial di Mesir dan di seluruh dunia.

 

7. Shahid Khan

Shahid Khan adalah pengusaha Amerika keturunan Pakistan yang dikenal sebagai pemilik tim NFL, Jacksonville Jaguars, dan klub sepak bola Fulham FC. Dia adalah pendiri dan CEO Flex-N-Gate, sebuah perusahaan manufaktur otomotif global yang sukses.

Khan juga terlibat dalam berbagai inisiatif filantropi di bidang pendidikan dan kesehatan.

Pengusaha Muslim ini tidak hanya mencapai kesuksesan finansial yang luar biasa, tetapi juga berpengaruh dalam membentuk industri dan masyarakat di berbagai belahan dunia.

Dengan kepemimpinan dan inovasi mereka, mereka memberikan inspirasi bagi jutaan orang untuk mengejar impian mereka sambil tetap berpegang pada nilai-nilai agama dan keadilan. []

(Dari berbagai sumber)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Rudi Hendrik