75 Jamaah Veteran Perang Dunia II Uzbekistan Ibadah Haji

Jamaah veteran Perang Dunia II . Foto: Saudi Gazette.

 

Makkah, MINA – Sebanyak 75 jamaah veteran Perang Dunia II yang berasal dari Uzbekistan tiba di Makkah pada Senin (28/8) waktu Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji.

Pejabat Kementerian Agama Uzbekistan, Haidar Sultan mengatakan, meski semua jamaah sudah lanjut usia, tetapi sama sekali tidak ada kendala yang sangat serius.

“Jamaah veteran perang berusia antara 95 dan 105 tahun, namun semuanya sehat-sehat saja,” kata Sultan di Makkah, Senin (28/8) kemarin.

Perang Dunia II terjadi tahun 1931 – 1945 antara Jerman Nazi dan kawan-kawan melawan Sekutu terdiri dari Amerika Serikat, Uni Sovyet, Inggris, Perancis dan lain-lain.

Seperti yang diberitakan Saudi Gazette, semua dari jamaah veteran perang tersebut,  baru pertama melaksanakan haji, dan mereka mengaku sangat bahagia bisa menjalani ibadah ini.

Sultan menambahkan, beberapa dari mereka didampingi istri dan anak-anaknya atau anggota keluarga lainnya untuk mendampingi. “Setiap peziarah diijinkan untuk membawa serta salah satu anggota keluarganya,” katanya.

Uzbekistan merupakan negara yang dulunya tergabung dalam Uni Soviet yang kini sudah bubar dan kini terbagi menjadi banyak negara. Pada Perang Dunia ke-2 yang berakhir tahun 1945 dengan kekalahan Jerman,  Uni Soviet dinilai sebagai lawan yang sepadan dengan tentara Nazi Jerman. (T/R08/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.