90% Kamp Pengungsi di Idlib Suriah Lewati Masa Tinggal Saat Salju Lebat Turun

Ilustrasi: badai salju di Suriah. (Mustafa Hamido, Aleppous Project)

Damaskus, MINA – Sekitar 90 persen kamp pengungsian di barat laut Suriah telah melewati masa tinggal yang ditentukan, seiring turunnya salju lebat di , sebuah kelompok bantuan memperingatkan pada Senin (24/1).

Response Coordination Group (RCG), sebuah kelompok bantuan lokal, mengatakan bahwa lebih dari 23.000 Pengungsi Internal (IDP) telah terkena dampak badai salju parah akhir pekan ini. Sekitar 2.300 dari orang-orang ini kehilangan tempat tinggal sebagai akibatnya, sementara sekitar 1.800 tenda hancur atau rusak.

Suriah Barat Laut adalah rumah bagi sekitar 2,8 juta pengungsi. Sebagian besar dari orang-orang ini tinggal di permukiman informal di sisi jalan, The New Arab melaporkan.

Januari telah membawa suhu dingin ke kamp-kamp ini, dengan pemandangan salju yang runtuh di tenda-tenda dan anak-anak menangis karena salju. Setiap tahun, banyak keluarga menghangatkan diri dengan membakar sampah atau batu bara. Musim dingin kali ini, bagaimanapun, sangat ekstrem.

Kerusakan akibat badai salju dan hujan masih berlangsung, tetapi kondisi cuaca membuat banyak permukiman tidak dapat dijangkau. Menurut RCG, lebih dari 42 kamp telah terputus dari organisasi bantuan karena kondisi badai salju dan jalan yang terhalang.

Akibatnya, lebih dari 266 orang, yang sebagian besar adalah anak-anak atau orang tua, tidak dapat memperoleh perawatan medis, kata kelompok bantuan itu.

Mark Cutts, Wakil Koordinator Kemanusiaan Regional PBB, mengimbau masyarakat internasional untuk “cepat mengeluarkan para pengungsi dari tenda ke tempat penampungan sementara yang lebih aman dan bermartabat.”

Hampir semua bantuan yang masuk ke barat laut Suriah datang melalui perbatasan Bab Al-Hawa dengan Turki. Penyeberangan perbatasan lainnya yang digunakan untuk mengangkut bantuan ke Suriah dari negara-negara tetangga lainnya ditutup setelah Rusia memveto penggunaannya di Dewan Keamanan PBB. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)