AS Sediakan Rp1,6 T untuk Israel Deteksi Terowongan

terowongan gaza globesTel Aviv, 24 Rabi’ul Akhir 1437/3 Februari 2016 (MINA) – Amerika Serikat () menyediakan anggaran senilai 120 juta dolar AS (sekitar Rp1,6 triliun) kepada untuk proyek pengadaan sistem baru pendeteksian (new system to detect tunnels).

Catatan LA Herald Tribune edisi Rabu (3/2) dari sumber Yediot Aharonot menyebutkan, Kongres AS telah menyetujui pendanaan proyek anti-terowongan tersebut setelah kunjungan delegasi Pentagon, yang dipimpin Wakil Menteri Pertahanan AS Robert Work ke Tel Aviv 14 Januari lalu.

Proyek ini mencakup sistem yang kompleks terdiri dari ratusan sensor guna mendeteksi gerakan kecil dan suara pada kedalaman puluhan meter di bawah tanah.

Sumber media di Israel menyebutkan, sistem sudah diuji sejak setahun lalu melalui tes teknis deteksi terowongan di perbatasan AS dengan Mexico.

Sistem deteksi terowongan akan mendapatkan dukungan pendanaan besar dari AS, yang dianggap sebagai solusi praktis di perbatasan.

Masalah terowongan di perbatasan Israel dengan Gaza adalah salah satu kendala serangan darat Israel terhadap Hamas pada perang tahun 2014 lalu.

Belum lama ini Channel 10 Israel menyiarkan wawancara dengan warga yang tinggal di dekat perbatasan Gaza. Warga melaporkan rekaman suara dengan ponsel mereka, yang mereka klaim sebagai suara galian terowongan dari Jalur Gaza.

Seorang perwira militer Israel, Aty Shallah, menyinggung ancaman bahaya terowongan-terowongan tersebut. Dia menyebutkan bahwa Hamas terus menggali dan membangun infrastruktur untuk terowongan-terowongan tersebut hingga sekarang. (T/P4/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.