Indonesia Borong Lima Emas di Test Event Taekwondo

Atlet Putera Poomsae, Indonesia, Alfi Kusuma Muhammad (kedua dari kiri) meraih medali emas Test Event 2018, di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2). (Foto: MEDIA PR-INASGOC)

 

Jakarta, MINA – Pada hari perdana pertandingan cabang Taekwondo di Test Event Asian Games 2018, Sabtu (10/2), Indonesia berhasil meraih lima medali emas dan dua medali perak. Torehan tersebut diraih dari tujuh nomor berbeda yang dipertandingkan di Hall B Jiexpo Kemayoran, Jakarta.

Emas pertama Indonesia diperoleh dari nomor individu poomsae putra oleh Muhammad Alfi Kusuma. Alfi berhasil menjadi juara setelah mengalahkan peserta asal Hong Kong, Cheuk Yin Choy, di partai final dengan poin total 117.2.

Indonesia meraih emas kedua dari nomor individual poomsae putri yang diraih Defia Rosmaniar. Pada perebutan medali emas, Defia Rosmaniar berhasil mengalahkan Taekwondoin asal Malaysia Khim Wen Yap dengan poin total 104.

Pengalungan medali yang pertama pada test event Asian Games 2018 ini, medali individu poomse putra dilakukankan oleh Ketua Umum Persatuan Taekwondo Indonesia, Letjen. TNI Purn. Marciano Norman, sedangkan poomse individu putri dikalungkan oleh President of Asian Taekwondo Union, Kyu Seok Lee.

Penambahan dua medali emas untuk Indonesia dipersembahkan dari nomor poomsae beregu putra dan putri. Tim poomsae putri yang diperkuat Defia Rosmaniar, Mutiara Habiba, dan Ruhil meraih emas setelah mengalahkan wakil India. Sedangkan tim putra yang diperkuat Abdurrahman Darwin, Akhmad Syaiful Anwar, dan Muhammad Abdurahman Wahyu mengalahkan tim Hong Kong.

Medai emas terakhir Indonesia mampu dipersembahkan dari nomor Kyorugi putri -53 kilogram. Taekwondoin Mariska Halinda menyabet emas usai mengalahkan wakil Filipina, Rheza Aragon, di final.

Selanjutnya, dua medali perak diperoleh dari Atlet Kyorugi Indonesia di dua nomor lainnya. Dua medali itu didapatkan oleh Armanto Nicholas di nomor kyorugi pria +80 kilogram, dan Reinaldy Atmanegara di nomor kyorugi putra -58 kilogram.

Dengan perolehan lima medali emas dan dua medali perak, Indonesia menjadi kampiun dalam klasemen perolehan medali cabang Taekwondo dari total 10 nomor putra dan putri.

Taekwondo menjadi satu dari delapan cabang olahraga yang akan diujikan secara bersamaan dalam miniatur Asian Games yang bergulir 10-18 Februari 2018.

Ajang uji coba Asian Games 2018 cabang Taekwondo ini diikuti tujuh negara yakni Mongolia, Malaysia, Filipina, Laos, Korea, Hong Kong, dan India. (L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.