DRONE YANG DITEMBAK JATUH MELANGGAR WILAYAH UDARA TURKI – MENLU SINIRLIOGLU

Menlu Turki Feridun SinirliogluMenlu Feridun Sinirlioglu

Ankara, 4 Muharram 1437/17 Oktober 2015 (MINA) – Menlu Turki Feridun Sinirlioglu telah mengumumkan bahwa AB Turki telah menembak jatuh sebuah pesawat nirawak () tak dikenal setelah pesawat melanggar wilayah udara nasional, Jumat.

Pesawat itu ditembak jatuh tiga kilometer di dalam wilayah Turki, kata Sinirlioglu dalam konferensi persnya.

Dikatakannya, asal pesawat nirawak itu hingga sejauh ini belum diketahui.

Sinirlioglu mengungkapkan bahwa telah meminta maaf beberapa kali setelah pesawatnya melanggar wilayah Turki dan berjanji akan mengambil langkah-langkah yang perlu agar kejadian itu tak terulang kembali.

Sebelumnya, militer Turki mengumumkan bahwa jet-jet tempurnya menembak jatuh pesawat tak dikenal dekat perbatasan Suriah setelah drone itu melanggar wilayah udara Turki, Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan mengutip kantor berita Kuwait KUNA.

“Pesawat, yang kebangsaannya tak dapat dikenali, ditembak jatuh jet-jet tempur Turki yang sedang berpatroli sesuai dengan ketentuan yang ada setelah tiga kali tak mengindahkan peringatan,” ujar Staf Umum Turki dalam pernyataan yang dikeluarkan di laman webnya.

AB Turki melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang ada, tambahnya.

Penembakan jatuh drone tersebut, Jumat, berlangsung setelah pesawat Rusia dua kali menyusup ke wilayah udara Turki dalam dua hari berturut-turut.

Dalam operasi itu, jet-jet tempur F-16 Turki menyergap jet-jet tempur Rusia dan memaksanya mundur. (T/R07/R01)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0