Porseni Al-Fatah Tingkat Nasional ke IV

Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Pondok Pesantren (Ma’had Shuffah Hizbullah), Muhajirun, Lampung Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Al-Fatah tingkat nasional ke IV, sebagai bagian acara Tablig Akbar 1440 H.

Ketua Pelaksana Porseni, Zainal Arifin MD mengatakan, Porseni tahun ini  diikuti sekitar 1.000 peserta dengan mengadakan delapan cabang perlombaan, sama seperti tahun sebelumnya.

“Delapan cabang itu adalah pencak silat, karate, pidato bahasa Inggris dan Arab, tahfidzul hadis, qiroatul kutub, tahfidzul Quran, dan baca puisi,” katanya dalam keterangan pers yang diterima MINA, Kamis (25/4).

Mudir (pimpinan) Ponpes Al-Fatah Lampung, Mastur Dia mengatakan tujuan diselenggarakan Porseni selain untuk ajang silaturahmi dari seluruh cabang Al-Fatah se-Indonesia dan pondok pesantren se-Lampung, juga untuk melahirkan bibit-bibit unggul dari delapan cabang yang dilombakan agar mampu berkompetisi di kejuaraan tingkat nasional lainnya dan membawa nama Al-Fatah.

“Kegiatan ini akan jadi ajang silaturahmi sesama Al-Fatah, sesama pesantren lainnya sehingga satu sama lain saling mengenal, dan belajar dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh pesantren yang lainnya,” katanya.

Arifin mengatakan Porseni ke-IV yang diikuti hampir mencapai seribu santri tersebut telah berhasil melahirkan bibit-bibit unggul dari cabang olah raga.

“Kita sudah mulai mengidentifikasi keunggulan di setiap wilayah, misal cabang Lampung unggul dalam bidang Pencak Silat, Karate, dan Tahfidzul Quran, Cileungsi unggul dalam pidato Bahasa Inggris dan Arab, Kitab Kuning dipegang oleh Wonogiri,panahan biasanya dimenangkan oleh Kalimantan,” katanya.

Arifin mengatakan kegiatan tahunan ini, selain mengasah bakat para santri juga telah mampu mengharumkan nama Al-Fatah baik tingkat kecamatan, provinsi, maupun nasional.

“Alhamdulillah, kita pernah menjuarai beberapa Kejurnas, 2018 misalnya al-Fatah Lampung jadit juara umum Tapak Suci di Indonesian Youth and Sport (IYOS), alumni Al-Fatah di Maos juga pernah jadi juara pertama pada ajang Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) 10 Juz tingkat antar mahasiswa se-Bandung Raya, alumni dari Al-Fatah Jambi juara pertama MHQ pada ASEAN Student’s Day di Sudan,” tambahnya.(R/cha/B01/P1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.