MER-C: Juga Penting Jaga Kesehatan Jiwa dan Mental di Era New Normal

Jakarta, MINA – Presidium Lembaga Kemanusiaan Medical Rescue Emergency-Committee (), dr Yogi Prabowo, SpOT menyampaikan ada empat hal yang harus diterapkan dalam kehidupan di era new normal ini.

“Keempat hal tersebut yaitu menggunakan masker dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis, social distancing, menjaga kesehatan fisik, dan terakhir menjaga kesehatan mental dan jiwa. Pentingnya menjaga kesehatan jiwa dengan meningkatkan pengetahuan spiritualitas di tengah pandemi corona yang sampai detik ini masih mengintai masyarakat di dunia,” kata dr Yogi dalam acara NGOPI yang dipandu Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, KH M Cholil Nafis secara daring, Sabtu (12/9).

“Semua dalam kepanikan sebab penyakit adalah hal baru, maka untuk menjaga kesehatan jiwa, diperlukan aspek spiritulitas,” jelasnya

Di tengah situasi kepanikan, menurutnya, akan muncul ketakutan akan bahaya Covid-19 secara berlebihan dan ini bisa berdampak kepada gangguan psikis jika tidak ditangani dengan baik.

“Bahkan akhir-akhir ini kerap terjadi benturan dan kesalah pahaman antara masyarakat dan pihak medis yang menimbulkan kericuhan dan ketidakpercayaan masyarakat akan penanganan Covid-19 yang dilakukan tim medis.

Menyikapi fenomena itu, dr Yogi menyarankan pembentukan Covid Board. Langkah ini sudah diterapkan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Covid Board ini adalah kerjasama tim antara tenaga medis, lembaga hukum, dan psikiater.

“Tidak ada seorang pun dari tenaga medis dunia yang mengklaim bahwa dirinya adalah pakar dari Covid-19 ini, maka diperlukan kerjasama tim, dan di RSCM kita buat Covid Board ini,” ujar dia.

Ia menambahkan, kehadiran lembaga hukum untuk membantu menjelaskan kepada masyarakat tentang hukum dan kebijakan apa saja yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 ini, dan psikiater untuk menangani aspek psikologi baik orang yang terdampak. (L/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.