Diplomat 30 Negara Kunjungi Kamp Pengungsi Jenin, Periksa Kehancuran Akibat Serangan Israel

Jenin, MINA – Delegasi diplomatik yang mewakili 30 negara  mengunjungi kamp pengungsi Jenin atas undangan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina, UNRWA, yang bertanggung jawab atas kamp pengungsi Palestina.

Kunjungan Sabtu )8/7) ini untuk melihat langsung kehancuran yang disebabkan oleh serangan militer selama dua hari awal pekan lalu yang menyebabkan 12 warga Palestina tewas, termasuk empat anak, lebih dari 140 terluka, dan kerusakan berat pada rumah, properti, dan infrastruktur.

Perwakilan Uni Eropa, Sven Kuhn von Burgsdorff, menggambarkan situasi di kamp sebagai “menyakitkan”, menambahkan bahwa apa yang terjadi di kamp merupakan pelanggaran hukum internasional.

Dia menyerukan tekanan pada Israel untuk menyelesaikan konflik, jika tidak, katanya, menghentikan tidak mungkin dilakukan.

Baca Juga:  Al-Qassam Serang Pasukan Israel di Gaza dan Perbatasan Lebanon

Dia meminta Israel untuk menahan diri secara langsung dan jelas dari tindakan apa pun yang merugikan warga sipil dan memiliki konsekuensi bagi mereka, untuk menghormati hukum internasional selama operasi militer apa pun.

Dia juga meminta Israel untuk secara terbuka menyelidiki setiap peristiwa pelecehan oleh pemukim, dan meminta pertanggungjawaban mereka yang melakukan serangan itu.

Ia mengatakan, tujuan kunjungan tersebut adalah untuk menunjukkan solidaritas dengan penduduk sipil di kamp yang harus dilindungi dalam segala keadaan, terutama anak-anak dan keluarga, untuk melihat kerusakan yang terjadi, dan untuk menyampaikan laporan ke ibu kota mereka tentang apa yang terjadi. terjadi di Jenin.

Oliver Owcza, Perwakilan Jerman di Ramallah, yang termasuk di antara delegasi yang berkunjung, mengatakan meskipun ada kebutuhan nyata untuk bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi, politik tetap dibutuhkan.

Baca Juga:  Fakta Kebusukan Protokol Zionis Israel

Päivi Peltokoski, Kepala Kantor Perwakilan Finlandia di Ramallah, menulis setelah mengunjungi kamp tersebut: “Mengunjungi kamp pengungsi Jenin bersama UNRWA setelah operasi militer yang dilakukan oleh Israel. Kebutuhan akan rekonstruksi mendesak serta bantuan kemanusiaan dan psikososial. 13 pemuda antara 16-23 tahun tewas. Banyak keluarga kehilangan rumah. Air dan listrik terputus.” (T/B03/P1)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.