Aat Surya Safaat: Empat Tips Jitu Jadi Penulis Hebat

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Ada empat tips jitu untuk menjadi penulis yang hebat. Hal itu disampaikan mantan Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Aat Surya Safaat saat mengisi Workshop Menulis Kreatif yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Ilmu Shuffah Al-Qur’an Abdullah bin Mas’ud (STISQABM),Muhajirun, Lampung Selatan, Ahad (5/9).

Ia menjelaskan, tips jitu untuk menjadi penulis yang hebat yaitu pertama, membiasakan untuk menulis setiap hari, sisakan waktu untuk menulis minimal 1.000 kata per harinya.

“Lakukan hal ini secara terus menerus hingga menulis menjadi darah daging dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Kedua, banyak membaca, “Penulis yang hebat adalah pembaca yang hebat pula, kenapa demikian? Karena teko yang kosong (tak berair) tidak bisa mengisi gelas-gelas yang kosong,” katanya.

Ketiga, temukan sudut pandang yang berbeda dari sebuah topik atau persitiwa, yang menentukan tulisan kita dibaca banyak orang atau tidak, diterima penerbit atau tidak, adalah cara kita membuat sudut pandang.

Keempat, menulis apa saja yang ditemui di tempat yang kita kunjungi, “Maka biasanya orang-orang penulis itu suka dengan traveling, karena dengan begitu dia akan melihat banyak hal yang bisa ia jadikan inspirasi untuk kemudian disalurkannya menjadi sebuah tulisan atau karya,” tutur Aat.

“Dalam Al-Qur’an juga dapat dipahami bahwa menulis merupakan kewajiban, sama dengan adanya perintah kewajiban membaca. Tulisan juga berguna bagi kehidupan masyarakat secara luas,” ungkapnya.

Ia menuturkan, tidak ada istilah terlambat dalam menulis, Andrea Hirata yang bukunya menjadi “best seller” misalnya. Bukunya banyak bercerita tentang nilai-nilai luhur dan perjuangan anak bangsa di Belitong, kemudian diangkat ke layar lebar dengan judul “Laskar Pelangi.

Workshop yang bertema “Hidup Lebih Bermakna dengan Creative Writing” itu diikuti oleh seluruh Mahasiswa STISQABM baik secara daring maupun luring. (L/Fnm/Bad/R12/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA).

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.