Acara Pelepasan Tim Bulutangkis Indonesia ke Olympiade Tokyo

Jakarta, MINA – Tim bulutangkis Indonesia ke 2020 resmi dilepas oleh Sekretaris Jenderal PB Muhammad Fadil Imran dalam acara yang  dilakukan secara daring pada Rabu (7/7) siang.

Tim akan berangkat ke Jepang pada Kamis (8/7) malam sedangkan pertandingan bulutangkis Olimpiade Tokyo akan berlangsung mulai tanggal  24/7.

Acara diadakan secara daring karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali termasuk wilayah DKI Jakarta.

Dalam acara tersebut, turut hadir Ketua Harian Alex Tirta, Wakil Sekretaris Jenderal Edi Sukarno, Ketua Bidang Luar Negeri Bambang Roedyanto, dan Ketua Bidang Humas dan Media Broto Happy. Sementara itu, Ketua Umum Agung Firman Sampurna berhalangan hadir.

“Saya mewakili Ketua Umum menyampaikan bahwa hari ini berkat rahmat Tuhan, kita memulai perjuangan demi nama bangsa dan negara tercinta Indonesia, yaitu berangkat ke Jepang untuk berlaga di Olimpiade Tokyo 2020,” ucap Fadil dalam sambutannya,  dikutip dari Badminton Indonesia.

“Saya bersyukur tim dalam keadaan sehat dan siap bertempur, bertanding untuk menang dan membawa pulang medali sebanyak mungkin, sebagaimana yang diharapkan pemerintah dan seluruh masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, Fadil berpesan agar tim Indonesia terus menjaga protokol kesehatan selama berada di Jepang.

“Saya berpesan tetap jaga kesehatan dan patuhi semua protokol yang ditetapkan Pemerintah Jepang dan IOC. Jaga makan sesuai petunjuk manajer dan berlatih sesuai arahan pelatih,” ujar Jenderal Kepolisian Bintang Dua itu.

“Saya percaya dengan kemampuan kalian, tidak ada yang tidak bisa dikalahkan. Jangan takut dan jangan gentar siapapun yang dihadapi. Jangan lupa berdoa, memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar diberi kekuatan dan kecerdasan dalam menghadapi semua lawan.”

“Semoga berhasil, doa kami dan seluruh masyarakat Indonesia mengantar kalian. Selamat jalan, selamat berjuang, semoga tradisi emas Olimpiade tetap berlanjut,” ucap Fadil.

“Doa saya seperti doa ibu bapakmu untuk kalian. Bismillah, Insya Allah semua dimudahkan,” kata Fadil melanjutkan.

Olimpiade Tokyo 2020 dijadwalkan berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus mendatang. Adapun cabang olahraga bulutangkis akan mulai dipertandingkan pada 24 Juli dan memperebutkan medali pada 30 Juli-2 Agustus 2021 di Musashino Forest Sport Plaza.

Tahun ini, PB PBSI membidik medali emas dari nomor ganda putra dan ganda campuran.

Tim Indonesia akan bertolak ke Prefektur Kumamoto di Jepang pada Kamis (8/7) pukul 23.15 WIB menggunakan maskapai Japan Airlines dengan nomor penerbangan JL5012 melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Rombongan akan transit terlebih dahulu selama sembilan jam di Bandara Haneda, Tokyo, sebelum melanjutkan penerbangan ke Kumamoto.

Selama 10 hari, tim bulutangkis Indonesia akan berlatih di Kumamoto sebagai ajang aklimatisasi dan adaptasi.

Selanjutnya, mereka akan masuk ke perkampungan atlet (Athlete Village) dan bergabung dengan kontingen lain di Tokyo pada 19 Juli 2021. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.