Afrika Selatan Turunkan Status Hubungan Diplomatik dengan Israel

Tel Aviv, MINA – Afrika Selatan memutuskan menurunkan status hubungan diplomatik dengan Israel sebagai rasa tidak senang pada tindakan-tindakan keras Israel pada aksi-aksi damai warga _Palestina dalam rangka Great March of Return.

Sebagai balasannya Israel berencana menarik duta besarnya dari Afrika Selatan, setelah Pretoria memulai langkah-langkah untuk menurunkan hubungan dengan Tel Aviv.

Radio Israel pada Ahad (7/4) melaporkan, kedutaan besar Israel di Afrika Selatan akan diturunkan ke kantor perwakilan untuk menangani masalah konsuler saja.

Radio itu juga melaporkan, Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Lindiwe Sisulu telah mengatakan kepada wartawan di Johannesburg bahwa rencana untuk menurunkan status kedutaan Afrika Selatan di Israel sudah dimulai.

“Kami tidak akan mengajukan nominasi untuk wakil di tingkat duta besar di Israel,” kata Sisulu.

“Kantor akan tetap pada tingkat penghubung dan itulah bagaimana ia akan beroperasi,” tambahnya

Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa memilih untuk menurunkan status Kedutaan Besar Afrika Selatan di Israel, ke tingkat kantor penghubung sejak 16 bulan lalu.

Pemerintah mengambil keputusan ini setelah tindakan brutal Israel terhadap pengunjukrasa Palestina yang mengambil bagian dalam aksi damai, Great March of Return di Jalur Gaza yang terkepung. (T/Ast/P1

Mi’raj News Agency (MINA)