AIPAC Dilaporkan Danai Iklan untuk Serang Senator Sanders

Politisi senior Partai Demokrat Senator Bernie Sanders. (Foto: AP)

Carson City, MINA – Komite Urusan Publik Israel Amerika (AIPAC) dilaporkan membantu mendanai iklan yang menyerang Senator Bernie Sanders, salah seorang calon Presiden AS dari Partai Demokrat, bersamaan dengan kaukus-kaukus yang diadakan Partai Demokrta untuk memilih calon presiden dari partai itu.

AIPAC berusaha agar calon presiden dari Partai Demokrat hendaklah yang pro Israel.  Kaukus selanjutnya akan diadakan di Nevada tgl. 22 Februari mendatang.

Lobi pro-Israel AIPAC mendorong anggotanya memberikan dana kepada Super PAC untuk meluncurkan kampanye anti-Sanders yang dijalankan oleh kelompok Mayoritas Demokratik untuk Israel (DMFI), dua sumber mengatakan kepada The Intercept, demikian The New Arab melaporkan.

DMFI yang didirikan oleh ahli strategi AIPAC lama Mark Mellman, menghabiskan 800.000 dolar AS untuk iklan serupa di depan kaukus Iowa.

Iklan sekarang akan muncul di Nevada, di mana akan berlangsung memiliki kaukus untuk nominasi Parta Demokrat pada 22 Februari.

Senator Bernie Sanders berusaha untuk menantang Presiden Donald Trump dalam pemilihan presiden pada November. Sanders memenangkan posisi utama Demokrat New Hampshire yang dipertaruhkan awal bulan ini. Sekarang ia akan beralih ke medan persaingan yang lebih sulit.

Dianggap sebagai pelopor sayap kiri dalam perebutan nominasi Demokrat, senator Yahudi itu telah menjadi yang paling kritis terhadap Israel dalam kampanye.

Menurut sumber-sumber The Intercept, AIPAC membantu mendanai iklan-iklan DMFI anti-Sanders dengan “memungkinkan sumbangan kepada DMFI yang dihitung sebagai kontribusi kepada AIPAC.” (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)