Ajak Warga Kolaborasi, Pemprov DKI Gelar JDCN Forum 2020

Jakarta, MINA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) Forum 2020, 17-18 Desember mendatang dengan mengangkat tema Redefining Our Future.

Ketua JDCN, Dr. Suharti Sutar mengatakan, JDCN Forum 2020 merupakan platform yang disediakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mewadahi dan memotret kolaborasi baik antara pemerintah dan masyarakat maupun antar masyarakat sendiri.

Ia mengatakan, hal itu sesuai dengan karakteristik kota 4.0 yang mengacu pada peran pemerintah sebagai kolaborator atau penyedia platform dan peran masyarakat sebagai co-creators atau pencipta sekaligus pelaksana ide. Pemprov DKI Jakarta sendiri telah mengusung Jakarta: Kota Kolaborasi sebagai city branding yang mencerminkan karakteristik kota 4.0.

“Dalam paradigma kota 4.0, kolaborasi menjadi poin utama dalam membangun kota sehingga JDCN ini akan menampilkan cerita-cerita kolaborasi nyata yang sudah ada dan melalui forum-forum diskusi yang ada diharapkan dapat menginspirasi munculnya kolaborasi-kolaborasi baru di masa depan,” jelas Suharti saat konferensi pers, Senin (7/12).

Rangkaian acara JDCN Forum 2020 akan dibagi menjadi pre-event dan forum diskusi. Kegiatan kompetisi kolaborasi dengan masyarakat (Citizen Collaboration Diary Competition) menjadi kegiatan pre-event yang diselenggarakan mulai 1 November 2020.

Masyarakat diajak untuk mengikuti beragam kompetisi, mulai dari kompetisi foto, video, yel-yel dan ide kolaborasi. Dengan harapan kompetisi ini bisa memberikan stimulus kepada masyarakat agar terus berkolaborasi.

Sedangkan, kegiatan utama JDCN Forum yakni forum diskusi yang akan berlangsung selama dua hari pada 17-18 Desember 2020, dengan kegiatan pembukaan video bersama masyarakat, bincang komunitas, diskusi kebijakan publik, diskusi pleno internasional, penghargaan +Jakarta dan Pencapaian Seumur Hidup JDCN, serta pembukaan fitur Collaboration Wall pada website jdcn.plusjakarta.com.

Selain itu, JDCN Forum 2020 akan mendatangkan narasumber dari berbagai belahan dunia untuk bergabung pada sesi Diskusi Pleno Internasional yang akan membahas dan memberikan pandangan mengenai arah kebijakan kota ke depan.

Sebagai platform untuk merayakan kolaborasi, JDCN Forum 2020 juga akan mengapresiasi dedikasi figur maupun institusi yang telah berkontribusi dalam upaya kolaborasi melalui sesi +Jakarta Award dan Penghargaan Seumur Hidup JDCN (JDCN Lifetime Achievement). Penilaian dalam program penghargaan ini dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.

Masyarakat dapat memberikan rekomendasi finalis yang berhak untuk meraih penghargaan ini dengan mengunjungi poling di website Detik.com (kuantitatif) dan metode survey informasi yang akan dilakukan oleh jurnalis Detik.com (kualitatif). (R/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)