Peringati Hari Santri 2022, Pemprov DKI Salurkan Sarana Pertanian untuk Pesantren

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono saat memberikan bantuan ke Pesantren. (Foto; PPID Jakarta)

Jakarta, MINA – Dalam rangka memperingati Hari Santri 2022, Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI Jakarta, menyalurkan sarana pertanian perkotaan (urban farming) pada perwakilan Pondok Pesantren dari lima wilayah Kota Administrasi.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono pada kesempatan ini secara simbolis menyerahkan bantuan saat peringatan 2022 di Pondok Pesantren Al Hamid, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (22/10).

“Kita semua memahami betul bahwa pangan menjadi salah satu kebutuhan primer umat manusia. Oleh karena itu, dalam memenuhi kebutuhan pangan ini, kegiatan urban farming menjadi salah satu solusi yang perlu terus diupayakan bersama,” ujar Heru.

Baca Juga:  Dijegal Irak, Timnas Indonesia U-23 Masih Berpeluang Ikut Olimpiade di Paris

Lebih lanjut, Heru berharap sarana pertanian ini dapat memantik semangat baru bagi para santri dalam menerapkan urban farming dan mewujudkan kemandirian pangan di lingkungan pesantren. Tentunya, upaya ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencegahan stunting di kota Jakarta.

Selain itu, Kepala Kanwil Kementerian Agama, Cecep Khairul Anwar mengatakan peringatan Hari Santri 2022 yang mengusung tema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’ ini diharapkan dapat memotivasi para santri, agar lebih berdaya dalam meningkatkan kualitas diri di masa yang akan datang.

“Selain dapat memberdayakan para santri, hadirnya dukungan urban farming ini akan meningkatkan kualitas pangan para santri dan berdampak pada kesehatannya juga. Penerapan konsep urban farming yang dirawat dengan minimnya penggunaan bahan pestisida kimia, dapat menghasilkan produk pertanian yang lebih sehat dan segar,” ujar Cecep.

Baca Juga:  Al-Fatah Rescue Beri Pembekalan Bantuan Hidup Dasar di SDI As-Shafa Depok

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, terdapat 50 bantuan rak hidroponik yang diberikan kepada 25 Pondok Pesantren di Jakarta. Adapun yang menerima bantuan secara simbolis adalah perwakilan dari pesantren di 5 (lima) wilayah.

Eli mengatakan, pihaknya akan terus berupaya memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam menerapkan konsep urban farming demi mewujudkan ketahanan pangan sekaligus peningkatan kualitas lingkungan hidup di Kota Jakarta.

Ia juga mengatakan, pihaknya siap mendukung dan mendampingi pesantren-pesantren di Jakarta dalam mengelola urban farming di lingkungannya.

Selain penyerahan bantuan, di lokasi juga dilaksanakan aksi penanaman pohon alpukat cipedak, mangga garifta, duku condet, jambu jamaika dan rambutan rapiah. (T/R7/P1)

Baca Juga:  Takluk dari Irak 2-1, Indonesia Gagal Rebut Juara 3 Piala Asia U-23 di Qatar

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.