Aksi Damai ‘Great March Return’ Masuki Jum’at ke-42

Gaza, MINA – Aksi damai ‘Great March Return’ masuki Jumat ke-42, ribuan demonstran Palestina berkumpul di zona perbatasan Gaza-Israel untuk mengambil bagian dalam demonstrasi massa melawan pendudukan entitas Zionis tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Otoritas Nasional Gaza memperbaharui seruannya kepada warga Gaza untuk mengambil bagian dalam demonstrasi yang sedang berlangsung. Mereka mengorganisir demonstrasi hari Jumat (11/1) itu di bawah slogan “Dengan keteguhan kami, blokade Israel akan berakhir”, demikian Anadolu Agency melaporkan.

Dalam pernyataan terpisah, Abdul Latif Al-Qanua, Juru Bicara Hamas, mengatakan, warga Gaza akan melanjutkan aksi damai, sampai tujuan akhir mereka tercapai.

Sejak demonstrasi dimulai pada bulan Maret tahun lalu, lebih dari 250 warga Palestina telah syahid dan ribuan lainnya terluka oleh pasukan Israel yang dikerahkan di dekat zona penyangga perbatasan.

Para demonstran menuntut hak untuk kembali ke rumah dan desa mereka di Palestina yang bersejarah, tempat mereka diusir pada 1948 untuk memberi jalan bagi negara baru Israel.

Mereka juga menuntut diakhirinya blokade 12 tahun Israel di Jalur Gaza, yang telah memusnahkan ekonomi daerah kantong pantai dan merampas lebih dari dua juta penduduk dari banyak komoditas pokok. (T/Ast/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)