Aksi Great Return March Berlanjut di Jumat Kedua

Gaza, MINA – Untuk Jumat (6/4) kedua, ribuan warga Palestina melanjutkan protes tanpa senjata mereka di sepanjang perbatasan timur Jalur Gaza, sebagai bagian dari gerakan yang dimulai Jumat lalu, 30 Maret.

Pasukan Israel telah menewaskan 22 warga Palestina selama sepekan terakhir, termasuk 17 pada Jumat pertama protes, dan melukai lebih dari 1.600 warga Palestina, demikian Al Jazeera melaporkan.

Hari-hari sebelum Jumat kedua ini, warga Palestina dalam beberapa hari mengumpulkan 10.000 ban bekas yang dipusatkan di Khan Younis, selatan Jalur Gaza.

Langkah itu adalah persiapan untuk aksi Jumat kedua yang dinamai “Jumat Ban” sebagai kelanjutan aksi Great Return March pada Jumat pertama, demikian Aspac Palestine melaporkan.

Menyikapi aksi tersebut, Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengatakan, tentara Israel telah siap berhadapan dengan semua skenario yang mungkin terjadi.

Sebelumnya, dia mengingatkan bahwa akan ada lebih banyak pertumpahan darah pada Jumat ini jika aksi Great Return March mencoba melanggar pagar perbatasan. (T/RI-1/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.