Al Fatah Rescue Adakan Pelatihan Penanganan Kebencanaan

Tim Ukhuwah Al Fatah Rescue (UAR) mengadakan pelatihan dan Sosialisasi Kebencanaan di Sekolah Dasar Islam (SDI) Asshafa Kota Depok, Jawa Barat, Rabu 1 Mei 2024 (Foto: UAR)

Depok, MINA – Tim Ukhuwah Al Fatah Rescue (UAR) mengadakan pelatihan dan Sosialisasi Kebencanaan di Sekolah Dasar Islam (SDI) Asshafa Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (1/5).

Pelatihan bertema “Membangun Ketangguhan Komunitas Strategi Praktis Untuk Mengurangi Resiko dan Menghadapi Bencana” diikuti 26 peserta terdiri para guru, staf TU dan penjaga SDI Asshafa.

Kepala Sekolah Dasar Islam (SDI) Asshafa Tomi Rohili mengatakan, tujuan diadakan pelatihan dan sosialisasi penanggulangan bencana disekolah, berawal terjadi kecelakaan saat acara outbond pada Februari lalu.

“Dari kecelakaan menimpa siswa kami itu, maka timbul kesadaran mempelajari ilmu pengetahuan tentang bagaimana mengantisipasi kecelakaan atau bencana,” kata Tomi Rohili saat sambutan.

Ia berharap, setiap guru dan unsur sekolah lain memperhatikan pengetahun dalam antisipasi penanggulangan kebencanaan disampaikan Tim Instruktur UAR.

Baca Juga:  Tingkatkan Amal di Bulan Haji

“Jadi, sekolah selalu siap siaga ketika ada bencana, dan ikuti pelatihan dengan sungguh sungguh untuk kepentingan dunia dan akhirat,” tambahnya.

Sementara Tim UAR diwakili Sekretaris Muqarrabin Al Ayubi menyampaikan, terima kasih atas kepercayaan diberikan pihak SD Islam Ashafa kepada UAR untuk memberikan pelatihan kebencanaan di sekolah tersebut.

“Semoga kerja sama pelatihan terus berlanjut dan hubungan ukhuwah lebih erat,” kata Ayub.

Ketua Panitia Pelatihan Dan Sosialisasi Kebencanaan Faturahman mengatakan, pelatihan penanggulangan kebencanaan sekolah diselenggarakan terbagi dua sesi dari mulai Rabu Kami (1-2/5).

Materi akan disampaikan dalam pelatihan selama dua hari meliputi Pengenalan UAR, Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), Alfazone, Mitigasi Bencana, dan Pertolongan Pertama Terhadap Korban Bencana.

Baca Juga:  Kemendikbudristek: Perubahan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru

Tim Instruktur pelatihan kebencanaan UAR diantaranya Nanang Setiawan, Faturahman, Tri Habibie, Nurul Priansah, Ramdhan, dan Wali Al-Jabar, Andrew Nurhadi (SDI Asshifa), dan Liyanti Nur Fathima (SDI Asshifa).

Pelatihan dan sosialisasi kebencanaan akan diadakan kembali pada Selasa-Rabu (7-8/5) khusus untuk para siswa ” kata Faturahman juga staf TU SDI Ashafa. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik