Ali Yusuf: Wakaf Uang Dapat Dirasakan Manfaatnya Bagi Semua Orang

Foto: Pendiri Solidarity Indonesia for Refugee (SIR) Ali Yusuf

Jakarta, MINA – Pendiri mengapresiasi gerakan nasional yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, wakaf dalam bentuk uang akan dirasakan manfaatnya oleh semua orang.

“Selama ini wakaf dari para wakif seringnya dalam bentuk benda tak bergerak, seperti tanah, bangunan dan kendaraan. Hanya orang-orang tertentulah yang dapat merasakan manfaatnya,” ujarnya, demikian keterangan tertulis diterima MINA, Rabu (27/1).

Saat ini, Indonesia sedang menjadi negara tempat transit para pengungsi yang menjadi korban perang di negaranya. Menurut data UNHCR ada 10.278 pengungsi.

“Gerakan nasional wakaf uang ini menjadi kesempatan bagi semua lembaga kemanusiaan untuk dapat menjangkau semua yang memerlukan,” katanya.

Untuk itu, lanjut Ali, gerakan nasional wakaf uang perlu didukung semua pihak.

“Meski demikian, pemerintah juga yang membuat program ini harus sudah memiliki sistem agar wakaf uang ini tidak disalahgunakan,” tegasnya.

Pada Senin, (Jokowi) meresmikan peluncuran gerakan Nasional Wakaf Uang dan brand Ekonomi Syariah di Istana Negara, Jakarta.

Peresmian tersebut dihadiri Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, Menteri Keuangan Sri Mulyani, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Bank Indonesia, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga para kepala daerah. (R/Hju/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)