AL-SHABAAB SOMALIA KEMBALI SERANG KENYA

Kondisi pasar di Nairobi, Kenya, setelah serangan bom. 16 May 2014. (AP Photo)
Kondisi pasar di Nairobi, , setelah serangan bom. 16 May 2014. (Foto: AP Photo)

Wajir, Kenya, 20 Sya’ban 1436/7 Juni 2015 (MINA) – Sekelompok pria bersenjata yang diduga anggota kelompok melakukan serangan di daerah Wajir, timur laut Kenya yang berbatasan dengan Somalia.

Komandan polisi Distrik Wajir, Samuel Mukindia, mengatakan Ahad (7/6), dua pria dan seorang perempuan tewas dalam serangan Sabtu malam itu, Nahar Net yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Para pejabat dan warga mengatakan, para penyerang diyakini berniat membunuh pejabat lokal yang tinggal di dekat tempat kejadian.

“Para penyerang itu mungkin menuju ke kediaman ketua daerah, tapi karena mereka tidak tahu rumahnya, mereka mulai menembak orang tanpa pandang bulu,” kata Ahmed Muhamed, seorang tokoh di Wajir.

Wajir terletak 490 kilometer (310 mil) timur laut dari ibukota Kenya, Nairobi. Wajir merupakan wilayah perbatasan yang luas, termasuk Distrik Mandera dan Garissa di selatan.

Wilayah perbatasan kerap menjadi lokasi sasaran serangan Al-Shabaab, cabang Al-Qaeda di Somalia.

Tahun lalu, Al-Shabaab melakukan serangkaian pembantaian di Mandera dan pada April lalu menyerang sebuah universitas di Garissa, menewaskan 148 orang yang sebagian besar adalah mahasiswa.

Kelompok Somalia ini telah bersumpah melanjutkan serangan sampai Pemerintah Kenya menarik tentaranya dari Somalia, di mana mereka adalah bagian dari misi Uni Afrika yang berusaha mengusir para pemberontak dan melindungi Pemerintah Mogadishu dukungan internasional. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0