AL-SISI DAN ABBAS SETUJU GENCATAN SENJATA SEGERA

foto: Al-Ahram

Kairo, 20 Ramadhan 1435/18 Juli (MINA) l- Presiden Abdul Fattah dan mitranya, Presiden Mahmoud sepakat tentang perlunya segera di Gaza untuk menghentikan pertumpahan darah dan mencegah hilangya nyawa warga Palestina.

Hal itu disampaikan dalam  pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh pemimpin Mesir dan Palestina itu dalampertemuan mereka di Kairo , Kamis (17/7) untuk membahas konflik  berkepanjangan antara Palestina dan di Jalur Gaza serta perkembangan terbaru di wilayah yang diduduki, demikian dilaporkan harian Ahram yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pada November 2012, Mesir menjadi penengah gencatan senjata antara Palestina dan Israel, setelah Israel menyerang Gaza yang menyebabkan kematian lebih dari 140 warga Palestina akibat serangan udara selama satu pekan.

Al-Sisi dan Abbas mengungkapkan pentingnya mengurangi penderitaah warga Gaza, dengan berusaha agar Israel membuka penyebrangan yang tertutup di Jalur Gaza guna menjamin kebebasan bagi orang-orang dan menghindari pembunuhan warga sipil, terutama di daerah perbatasan.

Setelah gencatan senjata tercapai, pemerintah Mesir secara terpisah akan bertemu dengan faksi Palestina dan Israel untuk membahas semua masalah mengenai gencatan senjata.

Diberitakan sebelumnya, pihak Zionis Israel dan pejuang Palestina menerima  usulan PBB untuk melakukan gencatan senjata terhitung  sejak pukul 10 pagi waktu setempat selama lima  jam, Kamis (17/7), demikian koresponden MINA di Gaza melaporkan.

Tak lama setelah gencatan senjata, empat warga Palestina kembali terbunuh dalam serangan pesawat tempur  F16  Israel di hari itu juga.

Hingga saat berita ini diturunkan, menurut pernyataan, Jubir Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, dr Ashraf Al-Qedra sebagaimana dikutip Koresponden MINA di Gaza, jumlah korban agresi militer Israel hingga saat ini mencapai 243 syahid dan 1850 lainnya luka-luka.(T/Nidiya/EO2)

 

Mi’raj  Islamic News Agency (MINA)

 

http://english.ahram.org.eg/NewsContent/2/8/106500/World/Region/ElSisi,-Abbas-agree-on-necessity-of-immediate-Gaza.aspx

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0