Alumni Ponpes Al-Fatah Buka Rumah Tahfidz Al-Quran di Malaysia

Kuala Terengganu, MINA – Alumni Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Nurul Fathimah Az-Zahra al-Hafidzah, membuka Rumah Tafidz Al-Quran “” di kawasan Limbongan, Besut, Terengganu, Malaysia.

Lembaga pendidikan yang memiliki program tahsin, tahfiz dan tadabbur Al-Quran itu secara resmi dibuka pada taggal 8 Agustus 2020.

Ustazah Zahra, begitu disapa, mengatakan kepada MINA, pada Senin (31/8), pendirian lembaga Al-Quran itu karena adanya permintaan dari anak-anak Muslim di sekitar kediamannya.

Alhamdulillah, program ini disokong tokoh masyarakat setempat,” ujarnya, yang juga pernah mengajar Tahfidz Al-Quran di Sekolah Imtiaz Melaka, Malaysia.

Tahap awal, jumlah peserta 25 orang, dari kalangan anak-anak dan dewasa.

“Buku panduan pembelajaran menggunakan Metode Iqro karya KH As’ad Humam dari Indonesia,” ujarnya.

Dalam satu kelas anak-anak terbagi dua halaqah (kelompok), putra dan putri.

“Masih banyak anak-anak yang belum lancar baca Quran. Bahkan ada beberapa yang belum mengenal huruf,” ujarnya.

Kelas dewasa, yang sudah bisa membaca Al-Quran, memasuki tahapan Tahsin sebelum Tahfidz.

Selain program pembelajaran Al-Quran, ia juga menyampaikan materi-materi terjadwal seperti keutamaan Al-Quran, kisah sahabat Rasul dan akhlak-akhlak mulia. “Termasuk shalat berjamaah,” imbuhnya.

Ia berharap Program Tahfidz Al-Quran di Malaysia yang ia kelola bersama asatidz setempat, bekerja sama dengan Ma’had Tahfidzul Quran Daarut Tarbiyah Indonesia (DTI) berpusat di Bekasi, Jawa Barat, dapat terus berkembang di negeri jiran itu. (L/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.