Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anggota DPR: Dunia Harus Hentikan Tragedi Ghouta Timur

Hasanatun Aliyah - Selasa, 27 Februari 2018 - 03:19 WIB

Selasa, 27 Februari 2018 - 03:19 WIB

886 Views

Seorang pria Suriah di Ghouta Timur menggendong seorang anak perempuan yang terluka oleh serangan bom. (Foto: Twitter)

Seorang pria Suriah di Ghouta Timur menggendong seorang anak perempuan yang terluka oleh serangan bom. (Foto: Twitter)

Jakarta, MINA – Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini berharap dunia internasional melalui PBB bisa mengambil langkah multilateral untuk menghentikan tragedi kemanusiaan dan melakukan intervensi untuk menyelamatkan warga sipil korban perang di Ghouta Timur, Suriah.

“Kami juga berharap pemerintah Indonesia  memberikan  tekanan kuat baik secara bilateral maupun multilateral agar khususnya pemerintah Suriah menghentikan pertikaian dan penyerangan yang menyasar rakyat sipil,” katanya dalam siaran tertulis, Senin (26/2).

Melalui media massa dan media sosial marak pemberitaan tentang rakyat sipil termasuk sebagian besar anak-anak menjadi korban kebiadaban perang di bawah pemerintahan Suriah. Menurutnya, perlu ada dialog bersama dalam menghentikan tindak kekerasan tersebut.

“Hentikan kekerasan sekarang juga yang membunuh rakyat sipil dan anak-anak. Rasa kemanusiaan kita mendidih menyaksikan anak-anak, wanita, dan orangtua hancur tubuhnya menjadi korban kebiadaban perang,” ujarnya.

Baca Juga: Rusia Ultimatum Israel Jangan Serang Pangkalan Nuklir Iran

Ia menegaskan perlu ada tindakan nyata dalam mengantisipasi konflik tersebut, jangan hanya bisa meratapi dengan kepedihan sementara pembantaian rakyat sipil tak berdosa terus berlangsung.

“Tak peduli siapapun yang bertikai,  perang dan pembantaian ini harus dihentikan. Ini tanggung jawab kemanusiaan kita terhadap warga dunia,” ungkap Jazuli.

Lebih dari 500 warga sipil terbunuh dalam pengeboman oleh rezim Suriah terhadap kubu oposisi di wilayah Ghouta Timur sejak akhir pekan lalu. Ratusan orang terluka parah dan membutuhkan bantuan medis mendesak.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), jumlah korban tewas dalam serangan yang disebut pembunuhan oleh rezim selama tujuh hari itu meningkat menjadi 520 jiwa, sedangkan warga sipil yang terluka mencapai lebih dari 2.500 orang di daerah kantong oposisi yang terkepung tersebut.

Baca Juga: Senator AS: Tidak Ada Lagi Pembenaran untuk Serangan Israel ke Palestina

Data tersebut juga mengungkapkan, diantara korban tewas terdapat 127 anak-anak dan 75 perempuan, sementara pasokan makanan, air, dan obat-obatan kian menipis akibat pengepungan rezim terhadap Ghouta Timur. (R/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Italia Berlakukan Embargo Senjata ke Israel

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Breaking News
Eropa
Timur Tengah
Timur Tengah