ANGKATAN LAUT INGGRIS SELAMATKAN 500 MIGRAN DI LAUT LIBYA

Migran asal Afrika terkadang menyeberangi Laut Mediterania menggunakan perahu yang tidak layak. (Foto: Ettore Ferrari)
asal terkadang menyeberangi Laut Mediterania menggunakan perahu yang tidak layak. (Foto: Ettore Ferrari)

London, 20 Sya’ban 1436/7 Juni 2015 (MINA) – Kapal Angkatalan Laut Kerajaan , HMS Bulwark, terlibat dalam misi penyelamatan terhadap sedikitnya 500 migran yang ditemukan di empat kapal di lepas pantai Libya, Kementerian Pertahanan mengatakan.

“HMS Bulwark telah melakukan operasi pengawasan dan telah mengidentifikasi empat kapal migran yang dalam kesulitan, berisi total setidaknya 500 orang,” kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan, Ahad (7/6), Albawaba News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“HMS Bulwark kini telah memulai operasi penyelamatan untuk menyelamatkan mereka yang di kapal,” tambah juru bicara yang tidak disebutkan namanya itu.

Diperkirakan lebih dari 1.600 orang telah tenggelam sepanjang tahun ini karena mencoba menyeberang dari Benua Afrika menuju menyeberangi Laut Mediterania.

Banyak masyarakat negara-negara Afrika yang merasa tidak memiliki harapan hidup layak di negerinya, nekat melakukan perjalanan berbahaya melewati perbatasan antar negara dan menyeberangi Laut Mediterania untuk mengejar mimpi di Benua Biru yang sebenarnya belum jelas.

Meningkatnya arus gelombang migran ke Eropa membuat beberapa negara mengerahkan kapal-kapal angkatan lautnya untuk menyelamatkan para migran dan mencegah jalur penyelundupan manusia.

Masyarakat Afrika meyakini dengan bekerja di luar negeri atau negara asing, hidup mereka akan lebih baik.(T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0