Anies Baswedan Resmikan Dimulainya Pembangunan Jakarta International Stadium

Jakarta, MINA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menindaklanjuti komitmen dalam mengembangkan Kawasan Olahraga Terpadu berkelas dunia dengan melakukan Kick Off (Tendangan Perdana) Pembangunan Jakarta International Stadium di Kawasan Sarana Rekreasi Olahraga, Jakarta Utara, Kamis (14/3).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, secara simbolis melakukan Kick Off sebagai penanda pembangunan stadion kebanggaan Ibu Kota.

“Hari ini adalah hari bersejarah yang membahagiakan dan membanggakan bagi kita semua. Hari ini Jakarta memulai babak baru di tempat ini akan didirikan Jakarta International Stadium menjadi stadion sepak bola kelas dunia yang pertama kali di Indonesia. InsyaAllah dalam waktu sekitar dua tahun setengah kita akan menyaksikan yang selama ini menjadi cita-cita dan mimpi menjadi kenyataan di tempat ini. Kita harus bisa menunjukkan bahwa penggunanya pun memiliki adab internasional dan tata cara yang kelas dunia. Perjalanan menuju pembangunan ini panjang dan berliku, untuk itu saya apresiasi semua pihak yang telah terlibat di dalam proses pembangunan stadion ini,” ujar Gubernur Anies dalam sambutannya.

Jakarta International Stadium berada pada lokasi yang sangat strategis di wilayah Utara Jakarta yang dapat dicapai dengan menggunakan berbagai moda transportasi umum seperti Commuterline, Transjakarta, LRT, dan MRT. Selain itu, lokasi stadion ini juga dilalui jalan tol inner dan outter ring road sehingga menambah nilai strategis kawasan.

Dengan terbangunnya stadion ini, Pemprov DKI Jakarta akan memiliki tiga fasilitas olahraga berstandar internasional yaitu Jakarta International Velodrome, Jakarta International Equistrian Park, dan Jakarta Internatonal Stadium.

Adapun fitur-fitur unggulan dari Jakarta International Stadium sebagai berikut:

1. Lokasi: akan dilayani oleh empat moda transportasi umum di Jakarta mulai dari Commuterline, Transjakarta, MRT, dan LRT.
2. Luas: sekitar 221.000 m2
3. Kapasitas:  sekitar 82.000 orang
4. Perhatian terhadap Difabel: memberi perhatian khusus kepada kelompok Difabel dengan menyediakan 200 tempat duduk, 24 lot parkir kendaraan, 25 lokasi toilet khusus difabel

5. Parkir: parkir yang tersedia diprioritaskan bagi VVIP, VIP, atlet, dan official. Tersedia sekitar 800 lot parkir mobil dan 100 lot parkir bus
6. Atap Buka-Tutup: fitur ini disediakan agar stadion juga dapat digunakan untuk kegiatan pertunjukan indoor, seperti konser musik
7. Fungsi Sosial: selain mengakomodir fungsi olahraga, pembangunan stadion ini juga memperhatikan fungsi socsal bagi masyarakat sekitar, seperti penyediaan area dengan fungsi urban farming

8. Public Open Space sebagai Plasa Shalat: akan memiliki ruang terbuka publik berupa Plasa yang luas yang terintegrasi dengan Taman BMW dan Danau Sunter Utara. Desain Plasa berbetuk garis-garis yang dapat berfungsi sebagai shaf shalat, sehingga bila dibutuhkan, Plasa dapat digunakan sebagai area shalat berjamaah. Integrasi ruang terbuka publik pada area stadion dengan area Danau Sunter Utara mejadikan area stadion memiliki lokasi bagi wisata air, sehingga menciptakan suasana fasilitas olahraga yang menyatu dengan alam.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto menjelaskan, proses persiapan dan pengembangan lahan proyek telah hampir tuntas. Pelaksanaan konstruksi secara fisik dilaksanakan dalam waktu tiga pekan setelah kick off. Bangunan dan kawasan stadion dirancang untuk siap disertifikasi green building (greenship) dengan target grade platinum.

PT Jakpro sebagai BUMD Pelaksana Penugasan Pembangunan Jakarta International Stadium melalui Peraturan Gubernur Nomor 14 Tahun 2019.

Turut hadir dalam acara ini antara lain Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah; Walikota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau; Para Pejabat Pemprov DKI Jakarta; Sekjen Persija DKI Jakarta, Diki Sumarno; Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, M. Taufik beserta Para Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta; Para Anggota Forkopimda DKI Jakarta; Perwakilan KONI DKI Jakarta; Pimpinan dan Segenap Pengurus Persija; Para Pemain, Pelatih dan Pemain Legendaris Persija; serta Para pecinta/komunitas Sepak Bola/Jak Mania. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.