Anies Ingatkan Pekerja, Prioritaskan Kesehatan dan Keselamatan

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan para pekerja untuk tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan kerja. Hal itu ia kemukakan saat membuka kegiatan bulan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) DKI Jakarta 2020.

“Saya garis bawahi di sini, bahwa apapun yang dikerjakan dalam proyek apapun, dalam kegiatan apapun, keselamatan dan kesehatan adalah prioritas yang utama,” katanya di Gor Sumantri, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/1).

“Tadi saya garis bawahi, keluarga yang di rumah menginginkan agar aggota keluarganya yang bekerja, baik dalam perjalanan menuju tempat kerja maupun perjalanan pulang dari tempat kerja serta berada di tempat kerja, menginginkan semuanya selamat,” katanya menambahkan.

Karena itu, kata Anies, ini adalah pencanangan bulan K3 tapi jangan hanya jadi seremonial saja. Pencanangannya memang upacara, tapi kesadaranmya itu harus diwujudkan dalam langkah2 nyata di tempat kerja dan juga diantara rumah dan tempat kerja.

“Semua yang menyangkut resiko harus diantisipasi bersama oleh pekerja, oleh pengusaha, oleh pemerintah. Sehingga semua resiko terindentifikasi dan bisa dicegah sehingga tidak menjadi kecelakaan atau ancaman membahayakan kesehatan bagi pekerja,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi DKI Jakarta Andri Yansyah pada kesempatan yang sama menyebutkan, ada beberapa program yang dilaksanakan terkait dengan keselamatan kerja.

“Kami akan melakukan sosialisasi ke perusahaan-perusahaan mengenai pentingnya K3. Kami juga akan menyosialisasikan dengan cara kami melakukan gowes bersama. Kami juga akan memilih ya perusahaan-perusahaan zero accident,” kata dia.

Pihaknya juga bakal memilih Miss Keselamatan Kerja untuk perempuan sebagai upaya mempromosikan K3. Karena perempuan banyak sekali sekarang yang sudah menjadi penggiat-penggiat K3.

“Dan nanti insya Allah besok tanggal 19 kami akan laksanakan konser safety excelent with Didi Kempot. Mudah-mudahan semua berjalan lancar sehingga kami akan menjadikan Didi Kempot sebagai duta seni K3 untuk DKI Jakarta,” katanya. (L/R2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)