Anies Ingin Nikah Massal Jadi Program Tahunan Pemprov DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Merdeka)

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta  menjadi saksi nikah dua pasangan pengantin peserta nikah massal yang diselenggarakan Pemprov DKI. Tahun ini, 633 pasangan mengikuti nikah massal dan isbat nikah.

“Izinkan kami atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengucapkan selamat. Semoga pernikahan pada malam hari ini menjadi babak baru yang mengantarkan Bapak-Ibu dalam sebuah keluarga yang selalu dalam keberkahan dari Allah,” ucap Anies dalam sambutannya.

Sebelum menjadi saksi, Anies mengatakan acara nikah massal akan dijadikan tradisi Pemprov saat menyambut tahun baru. Menurutnya, kegiatan seperti ini merupakan kewajiban Pemprov DKI memfasilitasi kemudahan warganya dalam urusan administrasi yang berkaitan dengan legalitas.

“Alhamdulillah, ini ketiga kalinya kita selenggarakan sebagai bagian dari ikhtiar pemprov DKI untuk memastikan bahwa kami berkepentingan untuk bisa menjalankan kewajiban kami kepada seluruh warga Jakarta,” ujar Anies, Selasa (31/12).

Anies tidak sendiri, ditemani Ustad Adi Hidayat, keduanya mengucapkan selamat kepada pasangan yang baru saja sah menjadi suami-istri. Sementara itu dari 633 pasangan nikah massal terdapat pasangan dengan usia tertua yakni 77 tahun.

Pasangan itu adalah Adjid Effendi (77) dan istrinya, Rimih (55). Mereka telah melangsungkan pernikahan secara agama di Cirebon pada 2014. Kini mereka memilih melegalkan pernikahannya secara hukum.

Acara ini juga bekerja sama dengan Indosiar, Pemprov akan memberikan hadiah bagi para pasangan nikah massal. Untuk pasangan yang melangsungkan akad nikah akan diberikan uang mahar sebesar Rp 1 juta dan bingkisan.

Sementara pasangan yang melakukan isbat nikah akan mendapat uang kondangan Rp 1 juta dan biaya pengurusan administrasi di Pengadilan Agama ditanggung oleh Pemprov.

Acara nikah massal ini akan digelar di Halaman Balai Kota Jakarta Pusat, Selasa (31/12), pukul 18.30 WIB. Gelaran nikah massal di penghujung akhir tahun tidak hanya dilakukan tahun ini saja. Anies Baswedan menginginkan acara ini menjadi tradisi tutup tahun. (L/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.