Anies Letakan Batu Pertama Pembangunan Rumah DP Rp 0 di Cilangkap

Jakarta, MINA  –  Gubernur Provinsi DKI Jakarta melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Menara Samawa tahap kedua di Nuansa Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (12/12).

Dalam sambutannya Anies mengatakan, Samawa DP 0 Rupiah ini mempunyai fasilitas yang lengkap dan sangat layak huni.

“Kami ingin garisbawahi tempat yang dibangun di sini, biasanya ketika kita berbicara program untuk masyarakat umum, diselenggarakan pemerintah, seringkali asosiasinya dengan serba minimalis. Kali ini kita ingin kirimkan pesan bahwa program DP nol rupiah yang dibangun merupakan fasilitas perumahan yang sehat, lingkungannya mutlak bisa menumbuhkan generasi yang sehat, yang kemudian juga mencerdaskan,” katanya.

Menurut Anies, dengan adanya fasilitas bermain, fasilitas belajar, fasilitas berinteraksi, hal itu akan menumbuhkan generasi baru yang memiliki karakter baik.

“Iklim yang dibangun, kami berharap adalah iklim yang sehat, bahkan bagi keluarga-keluarga yang nanti tinggal di sini, Insya Allah mereka akan memiliki rasa kesetaraan dengan masyarakat lain yang memiliki tempat tinggal lewat mekanisme pasar atau swasta,” ujar Anies.

Ia juga berpesan kepada BUMD yang mengerjakan proyek itu, agar mengutamakan jangka waktu pembangunan yang sesuai jadwal (18 bulan), on budget, dan mengutamakan kualitas.

Sementara Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoori C. Pinontoan mengatakan, rumah DP 0 rupiah dibangun di atas lahan seluas ± 2,9 ha dengan lahan bangunan satu tower (menara) seluas ± 0,65 ha.

“Nuansa Cilangkap Hunian DP 0 Rupiah direncanakan akan dibangun dalam 4 tower (menara), di mana saat ini 1 (satu) tower sebanyak 850 unit dengan ketinggian 24 lantai dan dan dua tipe hunian, yaitu tipe studio dan 2 kamar, diperuntukkan bagi program DP nol rupiah dengan nama Menara Samawa Cilangkap,” kata Yoori.

Yoori mengatakan, pembangunan Nuansa Cilangkap Hunian DP 0 Rupiah sudah sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dengan dilengkapi fasilitas penunjang, antara lain ruang bersama, balai warga, mushola, klinik, warung, toko, taman bermain, taman warga, sekolah, parkir kendaraan bermotor, serta Transjakarta.

Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah merupakan program strategis Pemprov DKI Jakarta sesuai Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Salah satu program Anies yang berusaha mewujudkan keadilan sosial.

Melalui fasilitas pembiayaan uang muka dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, masyarakat yang berhak bisa mendapatkan hunian dengan langsung mencicil biaya bulanan. Sebelumnya pada tahap pertama, Samawa Rumah DP 0 Rupiah telah dibangun di Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang di dibangun di atas lahan 5.686 m2. (R/Ais/P1

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.