Anies: Pembangunan Sukses Bila Dinikmati Rakyat, Bukan Hanya Segelintir Orang

Gubernur DKI Jakarta membuka Musrenbang Kabupaten Adm. Kepulauan Seribu, Jumat (22/3).

, MINA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan () Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu tahun 2019 di Pulau Pramuka, Jumat (22/3).

Hadir pada kesempatan itu Sekda DKI Jakarta Saefullah, Bupati Pulau Seribu Husain Murad, Kepala Bappeda DKI Sri Mahendra, Wakil Ketua DPRD DKI Muhammad Taufik dan Komandan Satuan Patroli kapal Lantamal III Kolonel Laut (P) Arya Delano.

Dalam sambutannya, Anies mengatakan bahwa Musrenbang tersebut adalah proses untuk mendapatkan aspirasi, ide gagasan dan harapan yang nantinya diolah menjadi rencana pembangunan.

“Kita semua tahu yang menjadi problem adalah apakah prosesnya berjalan dengan baik atau tidak, sehingga masalah yang ada di masyarakat bisa diformulasikan dalam bahasa rencana pembangunan,” katanya.

Orang nomor satu DKI Jakarta itu menjelaskan, pembangunan yang berkualitas adalah pembangunan yang bisa dinikmati oleh semua elemen masyarakat, bukan dinikmati oleh segelintir orang saja.

“Kualitas pembangunan itu ditentukan bukan dari angka. Misalnya pertumbuhan pembangunan perekonomian yang tumbuh 6 persen itu kualitasnya ditentukan apakah pembangunannya merata atau tidak,” katanya.

Ketika pembangunan itu merata, lanjut Anies, maka bisa disebut sebagai pembangunan yang berkualitas. Sebaliknya, ketika pembangunan itu tidak merata maka pembangunan itu tidak memiliki kualitas.

“Pembangunan berkualitas itu tidak ada kaitan siapa dapat apa. Ini yang sering terjadi di banyak tempat bukan hanya di Jakarta, tetapi di seluruh dunia,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu.

Anies berharap, Musrembang Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu tahun 2019 ini bisa menghasilkan poin-poin positif yang bisa dirasakan semua pihak, sehingga menghadirkan pembangunan berkualitas. (L/R06/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.