Anies Resmikan 100 Taman Maju Bersama

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan 100 Taman Maju Bersama (TMB). (Foto: PPID Jakarta).

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta meresmikan 100 (TMB), di Taman Maju Bersama Delonix, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, pada Rabu (12/10) pagi.

100 TMB yang telah terbangun di Jakarta yaitu; Jakarta Utara: 17 TMB, Jakarta Barat: 17 TMB, Jakarta Selatan: 28 TMB, Jakarta Timur: 38 TMB.

“Ini adalah ruang bersama masyarakat, misalnya transportasi umum, trotoar, dan taman, itu adalah ruang ketiga di mana warga berinteraksi dan beraktivitas bersama. Prinsip ruang ketiga adalah ruang yang memberikan perasaan kesetaraan, kebersamaan, dan ruang yang memungkinkan antar warga ada interaksi yang positif,” ujar Anies.

Dalam proses pembangunannya, Anies menjelaskan TMB tersebut dikerjakan dengan pola yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Hal ini karena kebutuhan tersebut berasal dari aspirasi masyarakat yang dimasukkan ke dalam proses perancangan, sehingga di dalam proses perancangannya warga pun terlibat.

“Rancangan yang dihasilkan pun merupakan produk kolaborasi yang melibatkan pemerintah, masyarakat, dan pakar, sehingga muncul format yang berbeda-beda di setiap tempat. Tujuannya adalah begitu taman ini digunakan sesuai dengan kebutuhannya, kita berharap ruang ketiga ini mampu mempersatukan masyarakat  Jakarta dan itulah prinsip di balik TMB,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada yang mengelola TMB, agar warga khususnya anak-anak bisa memanfaatkan fasilitas dan bermain sesuai dengan usianya.

“Karena itu, ditandai dengan tidak adanya larangan untuk menginjak rumput, rumput untuk bermain. Jadi inilah konsep untuk taman maju bersama yang Alhamdulillah Tim Dinas Pertamanan dan Hutan Kota telah berhasil melampaui target yang semula ditargetkan 86 taman maju bersama, Alhamdulillah tercapai 100 Taman Maju Bersama,” kata Anies. (R/R7/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)