Gubernur Anies Resmikan Rumah Makan Gratis, Target 1 Juta Porsi Setahun

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta meluncurkan program “” di Warung Sayur Asem Ibu Wardah, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (6/10).

Program itu dibuat dalam rangaka memenuhi kebutuhan pangan kaum dhuafa di Ibu Kota pada saat pandemi, yang digagas Baznas Bazis DKI Jakarta.

Upaya tersebut merupakan program yang memberikan pangan bagi kaum dhuafa dengan target 1 juta porsi makanan per tahun menggunakan sistem kupon. Program ini juga melibatkan para UMKM kuliner dan warung makan dalam pengolahan dan distribusinya.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambut baik program ini karena dinilai sebagai upaya kolaborasi yang masif. Kolaborasi dilakukan dengan berbagai stakeholder di mana Baznas Bazis DKI Jakarta sebagai fasilitator kegiatan.

“Jakarta ini adalah Kota yang penuh dengan orang baik. Banyak sekali orang baik di kota ini, banyak sekali orang yang mau membantu orang lain di kota ini. Hanya saja, problem yang sering dihadapi adalah ketika sesorang ingin berbuat baik, ingin membantu sesama, sering kali tidak tahu alamatnya. Oleh karena itu, kami mengapresiasi seluruh donatur kolaborator yang mendukung program ini. Semoga memberikan manfaat dan kebaikan bagi kita semua,” ujar Anies.

Anies menjelaskan melalui donasi dan kolaborasi para donatur, warung-warung yang diberdayakan sebagai “Warung Mitra Bagi Piring” atau yang menaungi program “Semua Bisa Makan” ini, dapat meningkatkan gairah usahanya, dan juga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitarnya.

“Sehingga program “Semua Bisa Makan”, menjadi salah solusi efektif bagi pemilik warung yang sebelumnya sepi pembeli agar dapat tetap hidup dan berdaya,” jelas Anies

Anies Berharap program ini dapat menyediakan target 1 juta porsi per-tahun (dengan asumsi setiap tahun BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta memiliki kemampuan anggaran mencapai 300.000 porsi ditambah dengan para kolaborator/donatur. Hal ini juga dapat menjadi sebuah gerakan  seluruh warga DKI Jakarta, untuk lebih peduli kepada kaum dhuafa, sehingga dapat menjadi gerakan mentraktir makan yang membutuhkan dengan target pencapaian Rp.15 Milyar per tahun.

“Insya Allah lewat program ini setahap demi setahap Jakarta akan bebas dari yang namanya lapar dan haus. Lalu, yang tidak kalah penting adalah orang orang baik di Jakarta sekarang punya saluran untuk menyalurkan kebaikannya, mudah simpel, di mana saja. Terima kasih kepada semua, semoga ini dicatat sebagai amal jariyah, semoga bisa menular ke berbagai tempat, seluruh Indonesia,” katanya.

Sejauh ini para Donatur/Kolaborator yang ikut menyukseskan program “Semua Bisa Makan” antara lain PT Paragon, BAZNAS RI, Bank DKI, JNE, Bank BJB, Bank Syariah Indonesia (BSI), serta Kawan Baik. (R/R7RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.