Anies Jalin Kerja Sama Bidang Pangan, Transportasi, dan Air Bersih antar Jabodetabekjur

Jakarta, MINA – menjalin perjanjian kerja sama antar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cianjur (Jabodetabekjur) tentang Ketahanan Pangan, Transportasi, dan Penyediaan Air Bersih.⁣

Melalui akun Instagram miliknya @aniesbaswedan, orang nomor satu DKI Jakarta itu membagikan proses penandatanganan kerja sama di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (21/12).

Anies mengatakan, kerja sama pembangunan antar daerah itu sudah sewajarnya terjadi.

“Bagaimanapun juga perekonomian di wilayah Jabodetabekjur harus terintegrasi, baik menyangkut aspek kependudukan, lingkungan serta transportasi,” tulis Anies.

Perjanjian kerja sama tersebut terdiri dari tiga hal, antara lain:

Pertama, mengenai pembangunan dan fasilitas jaring-jaring atau bendungan sampah. Sehingga, sampah yang mengalir di sungai dapat dibendung sebelum masuk ke Jakarta.⁣

Kedua, terkait penyediaan lahan di sisi jalan tol yang memungkinkan untuk pembuangan sampah. Sehingga, truk yang membawa sampah tidak masuk ke jalan kampung yang berada di luar daerah. Melainkan, ke luar dari tol langsung masuk ke wilayah pengolahan sampah

Ketiga, adalah dengan revitalisasi situ-situ yang ada di wilayah Bodetabekjur.⁣

Anies juga mengatakan, terkait perjanjian transportasi, hal itu dilakukan dalam bentuk perjanjian kerja sama, yang meliputi Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor.

Anies menjelaskan, perjanjian kerja sama tersebut bisa memakai APBD, Skema Kesepakatan Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), atau sumber lainnya.⁣

“Kita mendorong agar lebih banyak warga naik kendaraan umum. Caranya dengan menyiapkan fasilitas tempat parkir di tempat-tempat transit kendaraan umum,” ujarnya.

“Kita tahu LRT sedang dibangun, commuter, di sana akan dibangun tempat parkir yang besar sehingga bisa parkir lalu berpindah ke kendaraan umum,” imbuhnya.

Anies berharap pada tahun 2019, akan banyak kantong-kantong parkir yang tersedia di sekitar Jakarta. Sehingga dapat mengurangi jumlah kendaraan bermotor di jalanan Jakarta. (L/Ais/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Rendi Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.