ANRI Gratiskan Perbaikan Arsip Rusak Terdampak Banjir

Layanan restorasi arsip keluarga (foto: istimewa)

Jakarta, MINA – Nasional RI () menyediakan layanan restorasi atau perbaikan arsip milik korban banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang rusak.

Sejak Selasa (31/12) ANRI telah membuka Posko Layanan Restorasi Arsip Keluarga secara gratis di Gedung ANRI, Jl. Ampera Raya No. 7, Cilandak, Jakarta Selatan mulai pukul 07.30 s/d 15.30 WIB.

“Bagi masyarakat yang memiliki Arsip Keluarga yang terdampak bencana banjir dapat segera untuk mendatangi posko tersebut,” kata ANRI seperti dikutip dari website resminya di ANRI.go.id, Jumat (3/1).

Sementara itu, Direktur Preservasi ANRI, Kandar mengatakan, masyarakat juga dapat mendatangi sejumlah kantor pemerintah seperti Kementrian Komunikasi, Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB), dan BPBD Jakarta, BPBD Jawa Barat serta BPBD Kota Bogor.

Menurutnya, saat ini sudah ada puluhan warga yang datang ke ANRI meminta perbaikan arsip. Sebagian besar arsip yang rusak berupa kartu keluarga, akta kelahiran dan ijazah.

“Sebetulnya layanan restorasi arsip keluarga sudah kami lakukan sejak beberapa tahun lalu. Ini kami lakukan di lingkungan Jakarta dan luar Jakarta, sampai ke Bali dan Pandeglang, Banten dan sebagainya. Itu kita utamakan untuk arsip keluarga kita gratiskan,” jelas Kandar seperti dikutip dari Voice of America (VOA).

Kandar mengatakan lembaganya membatasi setiap keluarga maksimal 20 arsip yang ingin diperbaiki secara gratis. Sementara untuk perusahaan yang ingin memperbaiki arsipnya akan dikenakan biaya tambahan. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.