Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Antisipasi Megathrust Ratusan Warga Cilacap Ikuti Simulasi Evakuasi Gempa dan Tsunami

Zaenal Muttaqin Editor : Rudi Hendrik - 21 detik yang lalu

21 detik yang lalu

0 Views

Simulasi evakuasi gempa dan tsunami antisipasi megathrust di Cilacap (Foto: Dinkominfo Cilacap)

Cilacap, MINA – Ratusan warga Kelurahan Tegalkamulyan, Cilacap, Jawa Barat, antusias mengikuti simulasi evakuasi gempa dan tsunami yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap pada Selasa (10/9).

Simulasi ini dilakukan di kawasan pesisir selatan Pulau Jawa dan bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi potensi gempa bumi dan tsunami megathrust.

Penjabat (Pj) Bupati Cilacap, Muhammad Arief Irwanto, menegaskan pentingnya kegiatan ini bagi wilayah yang rentan bencana seperti Cilacap.

“Simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ancaman gempa bumi dan tsunami, melatih prosedur evakuasi yang benar, serta menguji sistem komunikasi dan koordinasi dalam penanganan bencana,” ujarnya saat meninjau langsung pelaksanaan simulasi tersebut.

Baca Juga: Jelang Duel Timnas Indonesia vs Australia, Ini Perbandingan Peringkatnya di FIFA

Kegiatan diharapkan dapat mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi bencana sesungguhnya dan meminimalkan dampak negatifnya.

Arief juga menambahkan bahwa pemerintah daerah berkomitmen untuk terus memperkuat kesadaran masyarakat serta mempererat koordinasi antarinstansi terkait dalam penanganan bencana.

Deputi III Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Lukmansyah, turut mengapresiasi simulasi ini dan menekankan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana, terutama di kawasan rawan gempa seperti Indonesia.

“Kita harus selalu waspada, tetapi tetap tenang. Simulasi seperti ini sangat penting untuk melatih kita menghadapi situasi darurat dengan baik,” jelas Lukmansyah.

Baca Juga: Menaker: Ada 46 Ribu Pekerja Kena PHK

Simulasi ini diharapkan menjadi langkah awal yang efektif dalam meningkatkan kesigapan warga, khususnya di daerah pesisir yang rentan terhadap bencana alam seperti Cilacap. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Jabodetabek Diperkirakan Diguyur Hujan di Sejumlah Wilayahnya Selasa ini

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Khutbah Jumat
MINA Sport
Palestina
Indonesia
Indonesia