Anugerah Syiar Ramadhan 2019

(Foto: Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Komisi Penyiaran Indonesia () kembali memberikan apresiasi tinggi kepada program-program siaran Ramadhan di televisi yang edukatif, sehat, berkualitas serta selaras dengan regulasi penyiaran.

Penghargaan rutin ini diberikan dalam ajang 2019 yang diselenggarakan KPI bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia () dan Kementerian Pemuda dan Olahraga ().

Malam puncak Anugerah Syiar Ramadhan 1440 H/2019 dilaksanakan pada Senin malam (15/7) di Menara Bank Syariah Mandiri Jakarta dibuka langsung Wakil Presiden terpilih 2019-2024, Prof Dr KH Ma’ruf Amin  yang juga Ketua Umum MUI.

Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis mengatakan, pemberian penghargaan untuk program bertema Ramadhan terbaik ini bertujuan mendorong industri penyiaran di tanah air untuk berinovasi menghasilkan program-program siaran yang berkuaIitas untuk masyarakat.

”Anugerah syiar Ramadhan ini untuk mendorong terwujudnya penyiaran yang edukatif, informatif dengan selalu mengedepankan nilai-nilai religius,” katanya.

Menurut Andre, panggilan akrabnya, momentum bulan Ramadhan secara filosofis merupakan sarana meningkatkan ketakwaan lewat ibadah-ibadah khusus.

Karenanya, lanjut Andre, lembaga penyiaran khususnya televisi, diharapkan meningkatkan kesadaran untuk menyuguhkan program siaran yang berkualitas dan berisikan semangat perbaikan diri.

”Kami ingin anugerah ini memacu persaingan yang sehat antar lembaga penyiaran guna menyuguhkan program siaran Ramadhan yang berkualitas,” tegasnya.

Terdapat delapan kategori program siaran utama yang dinilai oleh KPI, MUI dan Kemenpora untuk kemudian ditetapkan program siaran terbaik. Kedelapan kategori tersebut adalah reality show yang diraih oleh Net TV dengan program “Kupenuhi Panggilan-MU”, kategori sinetron diraih oleh Para Pencari Tuhan Jilid 12 “ganti nasib” (SCTV), lalu kategori ceramah diraih TV One dengan program “Indahnya Ramadhan/Eps.13”. Sementara kategori pencarian bakat diraih Akademi Sahur Indonesia (AKSI) (Indosiar), kategori wisata budaya diraih Muslim Travellers (Net TV), talkshow diraih Halo Ustadz (Inews TV), kultum diraih Mutiara Hati Quraish Shihab (SCTV), dan kategori dokumenter diraih oleh Trans 7 dengan program “Menjemput Berkah”.

KPI juga memberikan penghargaan secara khusus terhadap televisi terbaik dalam menayangkan program syiar Ramadhan.

Masih dalam rangka Anugerah Syiar Ramadhan 2019, penghargaan juga diberikan atas enam kategori pengisi acara di televisi.

Penghargaan ini secara khusus diberikan atas kerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga untuk kategori sebagai berikut: Host Muda lnspiratif diberikan kepada Muthia Amalia (MUslim Travellers – Net TV), Dai Muda Inspiratif diraih oleh Suwandi (AKSI Indosiar), Group Musik Muda lnspiratif diberikan kepada Aleehya, Aktor Muda lnspiratif diberikan kepada Silvia Anggraini (PPT-SCTV), Program Televisi Inspirasi Pemuda Indonesia yaitu Titik Balik (INews TV), dan Production House lnspirasi Pemuda Indonesia diberikan kepada The Little Giants (Nussa-Net TV).

Sementara itu, Koordinator Anugerah Syiar Ramadhan 2019 yang juga Komisioner KPI Pusat, Nuning Rodiyah, menjelaskan program siaran Ramadhan yang masuk dalam nominasi dan pemenang anugerah telah melalui rangkaian proses seleksi yang ketat dan penjurian oleh juri kompeten.

”Kami menekankan program tersebut merupakan hasil produksi anak bangsa atau dalam negeri. Kemudian, program siaran yang masuk nomine tidak pernah mendapatkan sanksi dari KPI dan dapat dikembangkan sesuai dengan kategori program,” jelas Nuning.

Hadir dalam acara malam anugerah tersebut, Menteri Pemuda dan Olah Raga RI Imam Nahrawi, jajaran pimpinan MUI Pusat, Kementerian Dalam Negeni RI dan Dirut Bank Syariah Mandiri.

Selain itu, anugerah ini turut memberi penghargaan kepada siaran dengan kategori spesial syariah. Penghargaan ini diberikan KPI bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri. Ada tiga kategori yakni: Literasi Keuangan Syariah diberikan kepada Metro TV lewat program “Economics Challenges Special Ramadhan”, Hijrah Menuju Tuntunan Syariah juga diberikan kepada Metro TV dengan program “Dakwah on The Spot”, dan kategori Halal diberikan kepada Net TV dengan program “Muslim Travellers”.(L/Abd/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.