Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anwar Ibrahim Unggul di Pemilu Malaysia

Widi Kusnadi - Ahad, 20 November 2022 - 05:23 WIB

Ahad, 20 November 2022 - 05:23 WIB

2 Views

Dewan Penguasa Malaysia tunjuk pemimpin oposisi Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri Malaysia berikutnya. (Istimewa)

Kuala Lumpur, MINA – Pemilihan Umum (Pemilu) Malaysia dalam hitung cepat menyatakan, partai Pakatan Harapan yang dipimpin Anwar Ibrahim berhasil memperoleh suara terbanyak.

Pakatan Harapan memperoleh 81 kursi parlemen dari 220. Sementara rivalnya, Perikatan Nasional yang digawangi mantan PM Malaysia Muhyiddin Yassin memperoleh 73 kursi.

Malaysia mengadakan pemilihan umum (pemilu) parlemen pada Sabtu (19/11), sekaligus memilih perdana menteri (PM) yang baru.

Calon perdana menteri pada Pemilu 2022 kali ini antara lain kandidat petahana Ismail Sabri Yaakob, pemimpin oposisi lama Anwar Ibrahim, dan mantan pemimpin Muhyiddin Yassin.

Baca Juga: Jamaah Ashabul Kahfi Australia Doa Bersama untuk Ulama Aceh Tu Sop

Anwar Ibrahim mengklaim bahwa Pakatan Harapan memiliki cukup kursi untuk membentuk pemerintahan berikutnya karena unggul dalam Pemilu Malaysia. Namun, Anwar belum mengungkapkan siapa koalisinya.

Anwar Ibrahim memimpin aliansi Pakatan Harapan, koalisi multietnis yang menggulingkan Barisan Nasional (BN) dari kekuasaan pada 2018 silam.

Anwar mengincar posisi perdana menteri selama lebih dari dua dekade, sejak dirinya bertugas di pemerintahan era Mahathir Mohamad pada 1990-an sebagai wakil perdana menteri dan menteri keuangan. (R/P2/R1)

 

Baca Juga: Lima Orang Tewas Imbas Kekerasan Etnis di Manipur India

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Palestina
Dunia Islam
Palestina
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia