Aplikasi QSoft Mudahkan Penggalian Data Al-Quran Secara Tematik

Satu Hari Pelatihan Penggalian Data Qurani Tematik.

Jakarta, MINA – Aplikasi Qsoft (Software Al-Quran) dibuat untuk memudahkan penggalian data dalam A-Quran secara tematik.

PB Wanita Al-Irsyad, Indonesia Mahir Quran, dan Kita Data menyelenggarakan “Satu Hari Latihan Penggalian Data Qurani Tematik”di Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq pada Sabtu (5/8), yang dihadiri oleh puluhan peserta dari 19 organisasi kepemudaan dan umum.

“Tujuan diselenggarakannya acara ini untuk menjaring dan mengumpulkan para pemuda Muslim supaya mereka mengenal Aplikasi QSoft,” kata Atika Aziz Balwe’el selaku Koordinator acara tersebut kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Menurutnya, aplikasi ini penting dipelajari dan disebarluaskan karena sangat bermanfaat untuk umat Islam dengan aplikasi QSoft siapa saja bisa menggali data apapun yang terdapat dalam Al-Quran dengan lebih mudah.

“Dengan aplikasi QSoft kaum muda bisa terbantu saat melaksanakan dakwahnya, sehingga hasil dakwah akan lebih maksimal. Umat Islam bisa lebih maju lagi,” tambahnya.

Atika sebagai Ketua Keputrian Pengurus Besar (PB) Wanita Al-Irsyad berharap melalui training QSoft ini dapat menanamkan kepada para peserta supaya lebih memahami dan mencintai Al-Quran.

Qsoft merupakan sistem aplikasi berbasis data Al-Quran dirancang menjadi software yang dibuat anak bangsa asal Bandung, Budi Pracoyo melalui penelitian independennya selama 13 tahun.

“Tahun 2009 QSoft 1 sudah bisa digunakan, tahun 2014 sudah sampai QSoft 704, tahun 2015 QSoft 705 dan tahun 2017 QSoft sudah siap dengan berbahasa Inggris,” kata Adhia Nugraha, Trainer Qsoft dari Data Studio Bandung.

Menurutnya, Aplikasi Qsoft bisa bermanfaat untuk alat bantu penelitian skripsi, tesis dan lainnya, bahkan memudahkan untuk menghafal Al-Quran.

“Aplikasi ini memudahkan kita untuk menghafal Al-Quran, meski belum hafal dalam melafalkan 30 juz, tapi kita hafal tata letak ayat, surat atau yang berkaitan dengan sejarah. Dengan QSoft kita bisa menjadi generasi Dzakir Naik,” ujarnya dengan senym.(L/R10/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.