APSSI Luncurkan Aplikasi untuk Pelatih Sepak Bola Indonesia

Jakarta, MINA – Asosiasi Pelatih Sepak Bola Indonesia (APSSI) secara resmi meluncurkan aplikasi baru untuk membantu pelatih sepak bola di Indonesia.

Aplikasi itu bernama Sportiv, adalah aplikasi yang akan menjadi salah satu sumber pembelajaran maupun komunikasi antara sesama pelatih dengan pihak luar sekaligus menjadi wadah berkumpulnya pelatih sepak bola di Indonesia.

Ketua APSSI, Yeyen Tumena mengatakan, aplikasi itu akan memudahkan para pelatih saling berkomunikasi dan membantu dalam pekerjaannya. Bahkan, pelatih yang belum memiliki sertifikat kepelatihan pun dapat menggali ilmu di aplikasi tersebut.

“Saya dan teman-teman APSSI berpikir untuk memberikan yang terbaik kepada anggota kami yakni pelatih yang tidak punya sertifikat di kampung hingga lisensi A pro dan yang berada di luar negeri,” kata Yeyen saat jumpa pers di Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (15/9). Demikian dalam keterangan tertulis yang diterima MINA.

Setiap anggota APSSI dapat mencantumkan data diri serta sertifikasi kepelatihan yang dimilikinya. Bila ada perubahan seperti kenaikan level sertifikat kepelatihan, anggota bisa melakukannya sendiri sehingga dapat diketahui oleh publik yang mengakses aplikasi tersebut.

Yeyen mengatakan bahwa pelatih di Indonesia sangat banyak dan memenuhi kuota yang sudah kami punya.

“Selama ini kami hanya menggunakan website untuk mendata anggota kami. Di sana tertera 758 orang yang menjadi anggota kami. Padahal sudah ada 1000 pelatih yang sudah kursus dan ada pelatih yang kesulitan mendapatkan sertifikat karena jauh serta mahal,” ucap mantan asisten pelatih timnas Indonesia era Simon McMenemy tersebut.

Yeyen Tumena menambahkan, dalam aplikasi tersebut APSSI akan memberikan pelatihan-pelatihan dasar sepak bola sesuai dengan jenjang usianya.

“Di aplikasi itu sangat mudah untuk menggelar drawing dan penentuan jadwal pertandingan. Lalu ada database lapangan-lapangan di Indonesia beserta harganya. Itu mempermudah pelatih untuk mencari lapangan,” katanya.

“Terakhir, di saat pandemi seperti ini kami memiliki keterbatasan untuk bertemu sehingga dengan aplikasi tersebut kami bisa semakin dekat meskipun jaraknya jauh,” ucap Yeyen.

Sementara itu, perwakilan Sportiv, Hendra Sugianto berharap kerjasama dengan APSSI bisa membuat sepak bola Indonesia bisa lebih maju.

“Kami ingin berperan dan ikut membantu perkembangan olahraga di Tanah Air termasuk sepak bola. Kerjasama dengan APSSI adalah awal yang baik bagi kami,” ucap Hendra Sugianto.

Selain acara perkenalan aplikasi, APSSI juga merayakan hari ulang tahunnya yang pertama. APSSI lahir pada 15 September 2019 dan saat ini sudah diakui keanggotaannya oleh PSSI pada Kongres PSSI di Bali, Januari 2020. (R/R11/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)