Arab Saudi Cabut Larangan Bioskop

Wanita menonton di bioskop. (Foto: dok. Nahar Net)

 

Riyadh, MINA – Arab Saudi terhitung mulai Senin (11/12) mencabut larangan bioskop, setelah lebih 35 tahun lamanya dilarang oleh Kerajaan.

Pencabutan larangan itu merupakan bagian dari serangkaian reformasi sosial oleh Pangeran Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

“Bioskop komersial akan diizinkan beroperasi di seluruh wilayah Saudi pada awal 2018, untuk pertama kalinya dalam lebih dari 35 tahun,” kata Kementerian Kebudayaan dan Informasi dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan bahwa pemerintah akan segera mulai memberi lisensi kepada bioskop-bioskop di negara itu.

“Ini menandai titik balik dalam perkembangan ekonomi budaya di Kerajaan,” kata Menteri Informasi Arab Saudi Awwad Alawwad dalam pernyataannya. Demikian Nahar Net memberitakannya yang dikutip MINA.

Kelompok konservatif yang melihat bioskop sebagai ancaman terhadap identitas budaya dan agama, berperan penting dalam penutupan operasi bioskop sejak tahun 1980-an.

Pada Januari lalu, ulama tertinggi Arab Saudi memperingatkan tentang “kebejatan” bioskop yang menurutnya akan merusak moral.

Pembuat film Saudi telah lama berpendapat bahwa larangan terhadap bioskop tidak masuk akal di zaman YouTube.

Film-film Saudi disalurkan di luar negeri menggunakan internet untuk menghindari jalur distribusi pengawasan tegas dari sensor negara. (T/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.