Arab Saudi Hadapi Korea Selatan di Final AFC U-19

Cibinong, Kabupaten Bogor  MINA – Setelah menaklukan Tim Nasional Jepang U-19 dengan skor 2-0, Timnas Arab Saudi U-19 akan menghadapi Timnas U-19 Korea Selatan di Final Piala Asia (AFC) U-19 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (4/11).

Timnas Arab Saudi berhasil mengalahkan juara bertahan tersebut berkat gol yang dicetak Khalid Al-Ghannam pada menit ke-29 karena kesalahan kiper Tomoya Wakahara.

Gol tersebut diawali tendangan Turki Al-Ammar dari sisi kanan yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Wakahara yang justru meleset dan melewati garis gawang.

Sedangkan gol yang kedua, terjadi di akhir babak pertama atau menit ke-45+1 adalah Khalid Al-Ghannam yang memanfaatkan bola muntah yang ditepis kiper Wakahara.

Berdasarkan catatan AFC, ini adalah kemenangan yang ditunggu-tunggu selama45 tahun oleh Arab Saudi atas Jepang dalam turnamen ini.

Sementara itu, Korea Selatan mampu melaju ke Final setelah mengalahkan Qatar dengan skor 3-1 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Kamis (1/11).

Korea Selatan unggul lebih dulu pada menit ke-23 melalui Jeon Se-jin. Bermula serangan dari sisi kanan, Se-jin berhasil melesatkan bola ke dalam gawang Qatar usai mendapat umpan dari Um Won-Sang.

Se-Jin kembali mencetak gol kedua melalui tendangan bebas di menit ke-33. Sempat membentur pemain belakang Qatar lebih dulu sebelum meluncur ke pojok kanan atas gawang kiper Shehab Mamdouh.

Qatar semakin terbenam setelah Um Won-Sang menambah keunggulan Korsel pada menit ke-45+2 lewat tendangan kaki kanannya yang bersarang di gawang.

Walaupun sempat bangkit di babak kedua dengan mencetak satu gol melalui oleh Abdulla Almurisi, Qatar tetap tidak mampu mengejar ketertinggalanya.

Bagi Korea Selatan adalah peluang untuk menambah torehan trofi mereka di Piala Asia U-19 menjadi 13, sedangkan bagi Arab Saudi ini adalah kesempatan untuk menambah trofi menjadi tiga gelar.

Tuan rumah Indonesia sendiri beerapa hari sebelumnya gagal maju ke babak seperempat final setelah dikalahkan Jepang 0-2, tapi penampilan tim asuhan pelatih Indra Safri itu banyak mendapat pujian dan menimbulkan optimisme pada tim sepakbola nasional di masa depan.

(T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)