Arab Saudi Puji Referendum ‘Sukses’ Turki

Raja Salman bin Abdulaziz. (Foto: dok. Nahar Net)

Riyadh, 21 Rajab 1438/18 April 2017 (MINA) – Pemerintah Arab Saudi pada hari Senin (17/4) memuji referendum Turki yang dianggap sukses yang akan memberi Presiden Recep Tayyip Erdogan kekuasaan lebih luas dalam pemerintahannya.

Dalam pertemuan kabinet pekanan, pemerintah Riyadh menyatakan selamat kepada Presiden Erdogan dan rakyat Turki atas keberhasilan referendum mengenai reformasi konstitusi.

Kabinet Arab Saudi mengatakan, pihaknya berharap hasil referendum bisa berkontribusi untuk lebih mensukseskan pembangunan di seluruh Turki. Demikian Nahar Net memberitakan yang dikutip MINA.

Menurut hasil resmi otoritas pemilu Turki, pilihan “Ya” yang mendukung sistem presidensial di Turki memenangkan lebih dari 51 persen suara pada referendum hari Ahad (16/4) lalu. Sementara pilihan “Tidak” mendapat suara hampir 49 persen.

Arab Saudi dan Turki adalah dua kekuatan negeri Muslim yang semakin akrab selama satu tahun terakhir. Mereka berbagi dukungan untuk oposisi di perang Suriah.

Pada bulan Februari lalu, Raja Salman menerima kunjungan Erdogan di Riyadh untuk lebih memperkuat hubungan kedua negara. (T/RI-1/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.