Arab Saudi Rayakan Idul Fitri Hari ini

Jeddah, MINA – merayakan Idul Fitri hari ini, Selasa (4/6). Hal itu karena Kerajaan telah mengakhiri puasa Ramadhan selama sebulan, setelah penampakan bulan sabit pada Senin malam (3/6).

Pengadilan pada Sabtu (1/6) memerintahkan semua Muslim di seluruh Arab Saudi untuk mencoba dan menemukan bulan sabit pada Senin malam, 29 Ramadhan 1440H, bertepatan dengan 3 Juni 2019.

Mahkamah Agung meminta siapa pun yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau melalui teropong untuk melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksiannya, atau melapor kepada otoritas di wilayahnya di mana ia melihat bulan sabit, demikian Saudi Press Agency(SPA) melaporkan.

Dengan ditetapkannya Idul Fitri pada hari ini oleh otoritas Arab Saudi, Raja Salman bersama Pangeran Muhammad bin Salman menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri ke sejumlah negara Islam.

Pemerintah Indonesia sendiri telah menetapkan atau Hari Raya Idul Fitri 2019 jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019.

Penetapan itu disampaikan Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi Pers hasil Sidang Isbat, di Kantor Kemenag, Jakarta, Senin (3/6).

Sementara itu Jama’ah Muslimin (Hizbullah) menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Selasa 4 Juni 2019. (T/Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.