AS Berlakukan Sanksi Program Luar Angkasa Iran

Washington, MINA – Amerika Serikat (AS) pada Selasa (3/9) memberlakukan sanksi terhadap program luar angkasa Iran, dengan mengatakan bahwa ledakan baru-baru ini pada landasan peluncuran adalah tanda kerja rudal.

“Amerika Serikat tidak akan mengizinkan Iran untuk menggunakan program peluncuran luar angkasa sebagai penutup untuk memajukan program rudal balistiknya,” kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam sebuah pernyataan, demikian Nahar Net melaporkan.

Sebelumnya pada akhir Juli (31/7), Biro Pengendalian Aset Luar Negeri Kementerian Keuangan AS menyatakan telah menjatuhkan sanksi kepada Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif.

“Javad Zarif melaksanakan agenda yang ceroboh dari Pemimpin Tertinggi Iran tersebut, dan (dia) adalah juru bicara utama rezim Iran di seluruh dunia,” ujar Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, seperti dilansir Reuters.

PBB pun tidak bisa berbuat apa-apa dan hanya menyatakan prihatin terhadap pembatasan yang diterapkan kepada Zarif.

Ketegangan antara kedua negara tersebut semakin meningkat setelah Presiden AS, Donald Trump, menarik diri dari kesepakatan nuklir dengan Iran, Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) yang disepakati pada 2015 lalu. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)