AS,  Inggris Puji Keberhasilan Diplomasi Turki Terkait Ekspor Biji-Bijian Ukraina

Foto: Dok Anadolu Agency

Turki, MINA- Amerika Serikat (AS) dan Inggris memuji keberhasilan Turki dalam mengatasi masalah ekspor biji-bijian dari Ukraina yang sempat terhambat akibat perang.

Kapal pertama pengangkut biji-bijian Ukraina berlayar ke Lebanon setelah lolos dalam pemeriksaan tim Pusat Koordinasi Bersama pada Rabu (3/8) di Istanbul. 

“Tibanya kapal Razoni di Istanbul merupakan langkah penting untuk menanggulangi krisis pangan global. Kami mengapresiasi usaha Turki dalam memastikan keamanan perjalan kapal tersebut sehingga Ukraina dapat melakukan ekspor ke pasar global,” kata Konsul Jenderal AS di Istanbul via twitter seperti dikutip oleh Anadolu Agency.

Kapal membawa lebih dari 26.000 ton jagung itu berangkat dari pelabuhan Odessa, Ukraina, Senin (1/8). kemudian berlabuh di Istanbul Selasa (2/8) malam untuk diperiksa.

Sementara Kuasa Usaha Kedubes Inggris Ajay Sharma mengatakan, pengeksporan biji-bijian dapat kembali dilakukan berkat upaya diplomasi yang dipimpin oleh Turki dan PBB.

“Inggris mendukung penuh diplomasi tersebut karena keberhasilannya dapat menanggulangi ancaman krisis pangan global,” tambahnya.

Turki, PBB, Russia, dan Ukraina menandatangani kesepakatan, Jumat (22/7) untuk membuka kembali tiga pelabuhan Ukraina, yaitu Odesa, Chernomorsk dan Yuzhny.

Inggris pun juga mendukung pengimplementasian kesepakatan tersebut demi kepentingan dunia.  (T/ri/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)