AS Jatuhkan Sanksi kepada Menlu Iran

Washington, MINA – Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi terhadap Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, Kantor Pengawasan Aset Asing Departemen Keuangan AS mengatakan di situs webnya.

Departemen Keuangan AS mengatakan pada Rabu (31/7) bahwa pihaknya menjatuhkan sanksi pada Zarif karena bertindak atas nama Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

“Javad Zarif mengimplementasikan agenda sembrono Pemimpin Tertinggi Iran, dan merupakan juru bicara utama rezim di seluruh dunia,” kata Menteri Keuangan Steven Mnuchin dalam sebuah pernyataan, demikian Al Jazeera melaporkan.

Zarif menepis sanksi di Twitter. Ia mengatakan, langkah AS menunjukkan Washington melihatnya sebagai “ancaman”.

“Itu tidak berpengaruh pada saya atau keluarga saya, karena saya tidak memiliki properti atau minat di luar Iran,” katanya.

Pengumuman sanksi terhadap Zarif muncul ketika AS memperpanjang keringanan selama 90 hari yang memungkinkan perusahaan asing untuk bekerja di fasilitas nuklir Iran tanpa hukuman.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan, perpanjangan pengabaian akan membantu menjaga pengawasan program nuklir sipil Iran. (T/RI-1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)