AS Pangkas Dana untuk WHO

Donald Trump (foto: AP)

Washington, MINA – Presiden Amerika Serikat (AS) menyatakan, akan memangkas dana bantuan bagi Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/).

Hal tersebut dilakukan karena Trump menganggap tidak  puas dengan kinerja organisasi tersebut terutama terkait atau Covid-19.

Dalam konferensi pers yang digelar Selasa (15/4) sore, Trump mengatakan, WHO “memainkan peran dalam salah urus dan menutup-nutupi perebakan virus corona itu.” demikian dikutip dari Voice of America, Rabu (15/4).

Bahkan, badan PBB itu tidak menjalankan apa yang disebutnya “tugas pokok” untuk menyelidiki laporan-laporan awal tentang virus yang berasal dari Wuhan, China itu sejak Desember tahun lalu.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari WHO.

Sebagai penyandang dana terbesar badan PBB yang menyediakan 400 juta dolar AS tahun pada lalu, AS akan membahas langkah yang akan dilakukan terhadap semua uang yang masuk ke WHO.

Trump telah lama meragukan transparansi China terkait penanganan wabah corona. Ia juga ragu terkait keakuratan data statistik Tiongkok mengenai jumlah kasus dan kematian akibat virus corona.

Meski begitu, Trump juga banyak menghadapi kritikan baik dari dalam maupun luar negeri karena dianggap meremehkan virus corona di awal penyebaran.

Trump sempat menganggap virus corona sebagai flu biasa dan warga AS tidak akan terpengaruh dengan virus serupa SARS tersebut.

Namun, Trump mengaku bahwa mereka kini tengah menghadapi situasi darurat nasional setelah AS menjadi negara dengan kasus dan kematian terbanyak akibat corona.

Hingga saat ini virus corona telah menginfeksi 611.668 orang di AS dan menyebabkan 25.971 kematian. Sementara 38.675 dinyatakan sembuh. (T/RE1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.